Muhammad Barakati resmi menduduki jabatan Wakil Wali Kota Samarinda sisa masa jabatan 2016-2021.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Gubernur Kaltim Isran Noor mewakili Menteri Dalam Negeri melantik dan mengambil sumpah Muhammad Barakati yang akan menduduki kursi wakil Wali Kota Samarinda sisa masa jabatan 2016-2021.

Barakati dilantik menjadi Wakil Wali Kota Samarinda mendampingi Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, setelah kursi wakil walikota ditinggalkan oleh Wakil Wali Kota terdahulu Nusyirwan Ismail, yang wafat saat melakukan kampanye Pemilihan Gubernur Kaltim tahun 2018 lalu.

Dalam amanatnya Gubernur Kaltim Isran Noor meminta Muhammad Barakati untuk dapat mendukung tugas-tugas wali kota secara maksimal. Terutama dalam penanganan masalah banjir di Samarinda dan perbaikan jalan di dalam kota.

“Jabatan wakil wali kota adalah memberikan saran kepada wali kota dalam pembangunan dan kelancaran pemerintahan serta mewakili wali kota jika berhalangan. Tugas wali kota dan wakil wali kota secara umum adalah sama, walaupun ada pembagian tugas-tugas tertentu diantara keduanya. Tetapi jangan jua kelajuan (mendahului kebijakan wali kota),” ujarnya disambut tawa undangan yang hadir di Pendopo Lamin etam Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (15/8).

Isran Noor menitip pesan kepada Wali kota Syaharie Jaang yang turut hadir, untuk menuntaskan proyek normalisasi sungai dan penanganan masalah banjir di Samarinda. Menurutnya, sebagai ibu kota provinsi kota Samarinda haruslah dapat menjadi kota yang nyaman untuk dihuni dan dikunjungi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Muhammad Barakati menyatakan siap bekerja mendampingi Wali Kota Samarinda sesuai dengan undang-undang dan fakta integritas yang telah ditandatangani. Namun, Barakati enggan menyebutkan prioritas khusus dalam pembangunan yang akan ia kerjakan kelak.

“Saya akan berkoordinasi dulu dengan wali kota tentang ide program dari saya. Tetapi maaf tidak dapat saya sampaikan yah karena saya ingin berkoordinasi dahulu. Yang jelas jabatan wakil wali kota adalah fungsi pengawasan. Saya siap bekerja,”tegasnya.

Ditanya kesiapannya untuk maju sebagai calon Wali Kota Samarinda periode 2022-2027 mendatang, Barakati menyatakan masih menunggu dan melihat situasi politik yang ada nanti.

“Saya akan menjalani dahulu (sebagai wakil wali kota) karena situasi politik tahun 2022 mendatang kan pasti berbeda. Apalagi politik itu kan dinamis. Saya mengamati dahulu dan menjalani tugas saya saat ini dahulu,” ujarnya diplomatis.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here