Sekitar pukul 09.30 Wita, terjadi kebakaran di dekat pipa RU V milik Pertamina di Balikpapan.(foto:ist)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Balikpapan – Sekitar pukul 09.30 Wita, muncul kobaran api besar disertai asap hitam yang membumbung tinggi ke angkasa, di sekitar kilang milik PT Pertamina. Kobaran api ini sontak membuat panik warga.

Region Manager and CSR Pertamina RU V Kalimantan Happy Wulansari mengatakan, saat ini yang terjadi adalah pipa di Refinery Unit (RU) V terbakar, dan pihaknya melakukan upaya penanganan, hingga kobaran api dapat dipadamkan.

“Kebakaran terjadi di salah satu pipa di dalam area kilang RU V Balikpapan. Percikan api diduga muncul di sekitar pipa yang sedang mengalami perbaikan,” ujarnya, Kamis (15/8).

Petugas PMK milik Pertamina berusaha memadamkannya dengan menggunakan foam (busa) dan mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil trailer foam.

Lanjut Happy, untuk saat ini lokasi api sudah dilokalisir dan jalur api utama berhasil dipadamkan. Hingga saat ini masih belum diperlukan evakuasi dan pemadaman bisa ditanggulangi oleh tim Pertamina.

“Saat ini lokasi kebakaran sudah kita batasi dan saluran pipa sudah kita tutup,” tambahnya.

Api berhasil dikuasai pada pukul 11.17 Wita, namun sempat menyala kembali sekitar pukul 11.50 Wita. Kobaran api kedua ini juga berhasil ditanggulangi dengan cepat dan padam sekitar pukul 12.16 Wita. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui adanya korban jiwa maupun pernghitungan kerugian yang diderita oleh musibah ini.

Happy menjelaskan jika penyebab munculnya api dan kerugian serta korban jiwa, masih menunggu hasil investigasi tim internal Pertamina. “Adapun penyebab kebakaran masih menunggu hasil investigasi oleh tim internal Pertamina,” ucapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here