Kantor BNNK Balikpapan sejam 24 Juni hingga 1 Juli telah mengeluarkan 600-an surat bebas narkoba bagi pelajar dan pencari kerja

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Kantor Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan sejak beberapa hari lalu hingga Senin (1/7) diserbu oleh puluhan pelajar yang akan mengurus Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN) sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan diri disekolah yang ada di Balikpapan.

Kepala BNNK Balikpapan Muhammad Daud mengatakan, sejak minggu lalu para pelajar ini ramai mendatangi kantor BNNK Balikpapan untuk mendapatkan SKHPN. SKHPN sendiri merupakan bentuk pelayanan klinik IPWL BNN Kota Balikpapan kepada warga kota yang membutuhkan.

“Ia sejak minggu lalu sudah ada yang mengurus disini, Cuma jumlahnya tidak banyak seperti hari ini. Mereka ini mengurus SKHPN sebagai syarat mendaftar sekolah,” ujar M Daud, Senin (1/7).

Lanjut Daud, bagi pelajar yang mengurus SKHPN ini harus melengkapi syarat seperti foto copy KTP namun jika belum cukup umur dapat menggunakan Kartu Keluarga (KK). Selain itu membawa alat tes kit uji narkotika enam parameter serta botol sample urine yang dapat dibeli masyarakat di apotek atau toko alat kesehatan.

“Kita hanya memberi pelayanan secara geratis. Namun mereka kita minta bawa alat tes kit uji narkotika yang bisa dibeli di apotik atau took obat. Serta membawa KTP bagi yang punya, jika tidak bawa KK,” jelasnya.

BNNK Balikpapan membuka layanan ini mulai Senin hingga Jumat pukul 08.00 hingga 15.00 Wita. “Kita beri pelayanan itu Senin sampai Jumat dan jam oprasionalnya jam 08.00-15.00 wita,” ujarnya.

Daud menambahkan, sebenarnya dalam pemberian SKHPN ini di IPWL lain juga bisa, sehingga tidak hanya di Klinik Pratama BNNK Balikpapan saja, dan BNNK Balikpapan sifatnya adalah pelayanan kepada masyarakat, hal ini sesuai dengan arahan BNN Pusat bahwa dalam pelayanan dan pemeriksaan urin harus sesuai dengan standar terkait alat yang harus standar dan mekanisme pengambilan urin yang harus diawasi oleh petugas.

“Sebetulnya tidak hanya di kita (BNNK Balikpapan) saja. Di IPWL lain juga bisa. Tapi kan karena ada arahan dari pusat ya kita tetap melaksanakannya,” terang Daud.

Sejauh ini Klinik IPWL BNNK Balikpapan sejak tanggal 24 Juni 2019 sampai dengan hari ini, kurang lebih telah mengeluarkan sekitar 500 sampai 600 lembar surat SKHPN, dan rata-rata kebutuhan mereka dalam rangka mendaftar sekolah dan ada beberapa juga dalam rangka mencari kerja atau keperluan administratif lainnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here