Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang emil menjadi salah seorang juri lomba desain ibu kota negara di Kaltim.

Oleh: Azhar AP / Yuliawan A

Poskaltim.com, Bandung –- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan sayembara desain Ibu Kota Negara Repuplik Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Salah seorang juri lomba adalah Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil, dari sembilan juri perlombaan desain ibu kota baru Republik Indonesia tersebut. Orang nomor satu di Provinsi Jabar ini ditunjuk langsung oleh Menteri Pekerja Umum, Basuki Hadimuljono.

“Enggak tahu ditelepon saja, siap penugasan ini. Itu ditelepon melalui PUPR. Ini desain (ibu kota RI yang baru) katanya ada sembilan orang tapi enggak tahu siapa aja dan yang gubernur baru saya mungkin karena profesi (sebagai insinyur),” kata Gubernur Emil di Bandung, Kamis (3/10).

Gubernur Emil mengatakan untuk mendesain sebuah ibu kota baru agar menjadi kota terbaik sedunia, maka semua konsep-konsep terbaik sedunia harus ada di kota baru tersebut.

“Karena ini dibuat dari nol kan maka misal konteks sejarah, kota dunia itu kota harus humanis. Dan jaraknya dekat sehingga orang jalan kaki mengurangi mobil dan motor, bangunannya go green, ramah lingkungan tidak seperti perkotaan sekarang. Kepadatannya harus cukup atau tidak padat hingga membuat sesak,” katanya.

Selain itu, pola pembangunan juga mesti terukur agar kondisi perkotaan tak terlalu padat dan sesak. Poin estetika juga turut jadi penilaian penting agar memiliki nilai kebanggaan dari masyarakat. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here