Warga Kampung Kb Sindang Sari juga mengajarkan warganya untuk memanfaatkan tanaman obat keluarga untuk kesehatan.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Sambutan, Samarinda, terpilih menjadi Juara Kampung Keluarga Berencana (KB) tingkat provinsi Kaltim dan berhak mewakili Samarinda untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Kelurahan Sindang Sari terkenal dengan penduduknya yang rata-rata pendatang berasal dari transmigran asal Pulau Jawa. Sehingga untuk menekan laju penduduk dan peningkatan kualitas penduduk maka dibentuklah Kampung KB di kawasan ini.

Sejak didirikan sejak tahun 2017 lalu, Kampung KB ini berhasil menjalankan programnya dengan baik. Laju pertumbuhan penduduk pun bisa dikontrol. Selain itu juga kualitas penduduk yang rata-rata menjadi petani inipun kini semakin membaik dan juga sejahtera berkat adanya program pengaturan kelahiran anak tersebut.

“Alhamdulillah kelurahan kami di Kecamatan Sambutan terpilih sebagai juara yang mewakili Samarinda beradu diajang nasional. Keberhasilan ini juga berkat kerjasama yang baik antara pemerintah dengan warga disekitar wilayah itu. Sehingga program-program KB bisa berjalan dengan baik tanpa hambatan,” ujar Nofiansyah, selaku Camat Sambutan, kepada awak media Selasa (30/7).

Kampung KB Sindang Sari akan mewakili Kaltim pada perlombaan yang sama di tingkat nasional.
Selain di Sindang Sari, Kelurahan Makroman pun kini sudah memiliki Kampung KB. Camat Sambutan ini juga menargetkan akan membangun Kampung KB di seluruh Kelurahan di bawah wilayahnya. Sehingga nanti dapat menjadi percontohan bagi seluruh wilayah kecamatan di Samarinda.

“Satu persatu sih kita membangunnya, perlahan tapi pasti. Saya juga perlu pendekatan kepada masyarakat, agar warga bisa lebih paham apa keuntungan dari program KB. Menurut saya ketika program ini kita sampaikan warga yang rata-rata merupakan pendatang tersebut bisa menerima. Bahkan dipastikan akan mendukung program kami,” tutur Nofiansyah.

Namun pihak Kecamatan juga membutuhkan bantuan dana dan juga sponsor dalam membangun Kampung KB ini. Terutama kepada dinas terkait seperti BKKBN Kota Samarinda dan BKKBN Provinsi Kaltim. Sehingga program ini bisa diwujudkan lebih cepat dan bermanfaat untuk masyarakat.

Nofiansyah berharap keikutsertaan Kelurahan Sindang Sari di tingkat nasional dapat memperoleh prestasi yang membanggakan. Walau tanpa target, Nofiansyah berharap Kampung KB Sindang Sari memperoleh juara.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here