Warga Samarinda diajak turut memainkan beberapa permaian tradisional seperti egrang, asinan daging hingga tarik tambang untuk menyambut pelaksanaan Festival Olahraga Tradisional (Fornas) pada Nevember mendatang.(foto:ist)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim, Samarinda – Menyambut Festival Olahraga Tradisional Nasional (Fornas) pada bulan November 2019 mendatang, warga Kota Samarinda diajak berbenah dan turut menyukseskan acara yang akan dihadiri 1.500 orang peserta dari seluruh Indonesia.

Berbagai permainan mulai diperkenalkan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Samarinda di setiap ada keramaian seperti saat pelaksanaan car free day di Balai Kota Samarinda maupun di arena wisata belanja Stadion Madya Samarinda, pada Ahad lalu.

Permainan egrang, asinan dan gasing kini mulai banyak dimainkan warga Samarinda di berbagai tempat. Apalagi Stadion Madya Sempaja ini juga akan menjadi salah satu arena Fornas dari beberapa arena yang dipakai untuk pertandingan.

Ketua FORMI Samarinda Sri Lestari mengatakan, pihaknya menyiapkan pelatih di masing-masing permainan secara cuma-Cuma, agar masyarakat benar-benar mengetahui cara bermain yang benar dan aman.

“Khusus untuk permainan gasing, nantinya akan disiapkan oleh komunitas gasing yang keberadaannya cukup banyak di Kota Samarinda. Kita berharap Fornas di Samarinda ini dapat sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,” ujarnya, Selasa (30/7).

Sejak lima tahun lalu, Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI) Samarinda menyiapkan peralatan seperti enggrang, logo, bakiak, tarik tambang yang terbuat dari bambu untuk digunakan secara gratis oleh masyarakat.

Untuk ajang FORNAS nanti, Sri Lestari mengatakan Samarinda masih mengandalkan permainan egrang dalam meraup medali emas. Selain itu permainan lainnya seperti gasing dan tarik tambang juga berpotensi meraih medali.

“FORMI Kaltim terus mendukung kegiatan masyarakat yang ingin berlatih olahraga rekreasi ini. Dengan semakin banyak masyarakat yang gemar berlatih, maka stok atlet daerah ini cukup tersedia,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here