Kabid Poldagri Kesbangpol Kaltim, Abdul Munif

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan menggelar sembilan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di 2020 mendatang. Daerah-daerah tersebut adalah Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, serta Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Berau dan Kabupaten Paser.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kesatuan, Kebangsaan, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Provinsi Kaltim melalui Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Abdul Munif, saat dikonfirmasi kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kaltim, pada Selasa (29/10).

Dijelaskan Munif, saat ini tahapan Pilkada Serentak sudah berjalan dengan ditandai adanya pelimpahan atau hibah anggaran Pilkada oleh masing-masing pemerintah daerah kabupaten dan kota kepada pihak penyelenggara, pengawas, dan pengamanan serta berbagai pihak terkait lainnya.

“Total anggaran yang disiapkan untuk penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kaltim ini sebesar Rp567,4 miliar. Dari anggaran tersebut, untuk KPU Kaltim dianggarkan sebesar Rp394,8 miliar, Bawaslu Kaltim sebesar Rp106,7 miliar dan hibah untuk pengamanan adalah sebesar Rp65,7 miliar,” jelasnya.

Berikut rekapitulasi naskah perjanjian hibah daerah untuk masing-masing kabupaten dan kota di Kaltim:

Kota Samarinda memperoleh total anggaran Rp75,2 miliar, Balikpapan sebesar Rp73,6 miliar, Bontang sebesar Rp29,2 miliar, Kabupaten Kutai Timur sebesar Rp72 miliar, Kutai Barat sebesar Rp56 miliar, Kutai Kartanegara sebesar Rp105 miliar, Berau sebesar Rp54,2 miliar, Paser sebesar Rp51,5 miliar dan Kabupaten Mahakam Ulu sebesar Rp49,9 miliar.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here