Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi pada, Kamis (25/7) di Jakarta.(foto:ist)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Provinsi Kalimantan Timur berhasil memperoleh penghargaan sebagai provinsi dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik bersama lima provinsi di lima wilayah Indonesia lainnya.

Kaltim berhasil memperoleh predikat TPID Terbaik tahun 2018 untuk wilayah Kalimantan, bersama provinsi lainnya yaitu Provinsi Bengkulu (wilayah Sumatera), DKI Jakarta (wilayah Jawa-Bali), Provinsi Gorontalo (wilayah Sulawesi) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua).

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Wakil Presiden mengatakan bahwa pemerintah bersama Bank Indonesia akan konsisten melanjutkan upaya pengendalian inflasi untuk menjaga daya beli masyarakat dan mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Pengendalian inflasi dilakukan dengan memperkuat sinergi kebijakan, meningkatkan ketersediaan pasokan, dan menjaga kelancaran distribusi pangan,” ujarnya saat membuka dan memimpin langsung Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi pada, Kamis (25/7) di Jakarta.

Tiga pemimpin daerah Kaltim dari kiri Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, Kepala BI Kaltim Muhamad Nur, Gubernur Kaltim Isran Noor, Kepala BI Kaltim (baru) tutuk Sh Cahyono dan Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Geh.(foto:Ist)
Sementara itu, Penghargaan TPID Terbaik kategori Kota berhasil diraih oleh Kota Samarinda yang mewakili wilayah Kalimantan. Sedangkan Kota Tanjung Pinang mewakili wilayah Sumatera, Kota Kediri mewakili wilayah Jawa-Bali, Kota Palopo mewakili wilayah Sulawesi dan Kota Mataram, mewakili wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Untuk penghargaan TPID Terbaik tingkat Kabupaten, lagi-lagi Kaltim meraihnya untuk Kabupaten Mahakam Ulu yang mewakili wilayah Kalimantan. Sedangkan untuk wilayah Sumatera direbut oleh Kabupaten Deli Serdang untuk wilayah Sumatera, Kabupaten Badung yang mewakili wilayah Jawa-Bali, Kabupaten Puhuwako yang mewakili wilayah Sulawesi, dan Kabupaten Lombok Barat yang mewakili wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Bagi Kota Samarinda, penghargaan TPID Terbaik tingkat Kota ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya, secara berturut-turut sejak tahun 2016.

‘Ini (adalah) penghargaan kita yang ketiga kali berturut-turut. Harapan saya tahun depan harus lebih baik lagi dan memberikan yang terbaik untuk Kota Samarinda, seperti distribusi bahan pokok untuk masyarakat tersedia dengan baik,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here