Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Bertambahnya jumlah penduduk Kalimantan Timur kelak jika ibu kota negara dipindahkan, maka juga akan berimbas pada pemenuhan kebutuhan pangan warganya.

Namun hal tersebut tidaklah menjadi kekhawatiran yang besar. Kepala Dinas Pangan ,Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim, Ir. Ibrahim, MP memastikan bahwa Pemerintah Provinsi Kaltim siap memenuhi kebutuhan pangan warga ibukota negara mendatang.

“Dengan kehadiran kita sebagai ibukota negara tentu perhatian pemerintah RI juga akan berlebih. Lahan kita tersedia, kita pasti siap memenuhi pangan nantinya. Apalagi Kaltim berdekatan dengan provinsi lainnya yang memang sudah swasembada beras seperti Sulawesi Selatan dan Jawa Timur,” ujarnya, Kamis (29/8).

Dijelaskannya, lumbung pangan, terutama padi di Kaltim berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, tepatnya di Kecamatan Babulu, Begitupun dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser dan Berau, semuanya adalah penyedia pangan yang sangat produktif selama ini.

Namun, diakui Ibrahim jika tenaga kerja atau petani di Kaltim masih kurang. Walaupun lahan yang dimiliki Kaltim cukup luas namun keterbatasan tenaga kerja ini masih menjadi persoalan.

“Anak muda sekarang sudah tidak mau lagi menjadi petani. Tidak mau lagi meneruskan usaha orang tua mereka yang memang petani. Anak-anak petani lebih memilih pekerjaan lain. Tetapi kami di dinas, terus mengoptimalkan mekanisasi pertanian, sehingga memproduksi pangan sudah dibantu dengan mesin-mesin modern,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here