Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Gubernur Kaltim secara resmi meluncurkan Program Beasiswa Kaltim Tuntas 2019 untuk pelajar, santri, mahasiswa Diploma 1,2,3 dan porgram sarjana dengan jumlah penerima sebanyak 11.106 penerima. Peluncuran program beasiswa ini ditandai dengan penekanan tombol “Enter” pada layar display, menandai dimulainya pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas 2019 melalui laman www.kaltimtuntas.id

Gubernur Kaltim Isran Noor berharap dengan adanya beasiswa ini terdapat putra-putri bangsa yang berasal dari Kaltim yang memiliki sumber daya unggul. Misalnya ada anak Kaltim yang ahli nuklir dan lain-lain.
“Pembangunan sumber daya manusia ini harus disongsong sejak saat ini, karena negara ini akan membutuhkan sumber daya unggul di masa depan Kaltim,” ujarnya, di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Senin sore (16/9)

Isran juga mengingatkan badan pengelola agar memperhatikan administrasi pembayaran dan pertanggungjawaban pelaporan. Apalagi, beasiswa tuntas ini manfaatnya akan dapat dipertanggungjawabkan di akhir program.

Ketua Bandan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas 2019, Imam Hidayat, Msi mengatakan calon penerima Beasiswa Kaltim Tuntas dari kategori umum harus memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademik. Sedangkan untuk penerima beasiswa Stimulan dari kategori umum harus melengkapinya dengan tugas akhir, tesis, skripsi dan desertasi.

Sementara untuk kategori khusus, baik untuk beasiswa Kaltim Tuntas maupun Stimulan syarat awal yang harus dipenuhi antara lain harus berasal dari keluarga miskin, disabilitas dan berkebutuhan khusus, berasal dari daerah pedalaman dan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3 T), anak dan atau cucu veteran, anak korban KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), penghafal kitab suci Alquran (hafiz), mahasiswa luar negeri dan berdasarkan pertimbangan khusus.

Beasiswa Kaltim Tuntas akan diberikan hingga penerima beasiswa lulus kuliah. Sedangkan untuk Stimulan tahunan, di awal ini hanya disiapkan untuk tahun 2019.

Iman menambahkan Pemprov Kaltim mengambil langkah berani dengan inisiatif untuk memberikan beasiswa hingga tuntas, yakni empat tahun untuk S1, dua tahun untuk S2 dan empat tahun untuk S3.

“Syarat umumnya, calon penerima beasiswa harus merupakan penduduk Kaltim atau berKTP Kaltim. Dan syarat Beasiswa Kaltim Tuntas minimal IPK tiga. Untuk Stimulan boleh kurang dari IPK tiga,” ungkapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here