Oleh: Suandri Ansah / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Kabut asap yang menyelimuti Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT Pranoto) Samarinda, menyebabkan Lion Air Group mengalihkan seluruh jaringan penerbangan domestik dari dan menuju Samarinda. Pengalihan berlaku untuk seluruh anggota usaha Lion yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air mulai hari ini, Senin (16/9) sampai pemberitahuan terbaru.

Menajemen menjelaskan, seluruh operasional dari dan menuju Samarinda melalui Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Kalimantan Timur (AAP) akan dipindahkan (reroute) ke Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur (BPN).

“Perubahan rute bersifat sementara hingga kondisi cuaca di Samarinda membaik,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro kepada Indonesiainside.id, Senin (16/9).

Dia mengungkapkan, keputusan ini diambil lantaran cuaca buruk berupa kabut asap yang terjadi. Keadaan tersebut mengakibatkan jarak pandang pendek dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat.

Danang menambahkan, Lion Air Group akan terus berkoordinasi bersama pihak terkait guna memperoleh perkembangan atau keterangan sesuai situasi terbaru. Operasional akan berjalan normal setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan.

“Kami akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu,” katanya. Maskapai memfasilitasi penumpang yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

Sementara, kota yang mengalami penyesuaian rute melalui bandar udara, sebagai berikut:

1. Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK).

2. Jakarta – Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP).

3. Yogyakarta – Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG).

4. Yogyakarta – Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo (YIA).

5. Surabaya – Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (SUB).

6. Denpasar – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS).

7. Berau – Bandar Udara Kalimarau, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur (BEJ).
(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here