Oleh: Eko P/ Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Indonesia telah berhasil mengekspor asap ke sejumlah Negara tetangga, bahkan telah sampai ke Thaimand dan kini Filipina.

Setelah sebelumnya mencapai Malaysia, Singapura dan Thailand selatan, kabut asap telah merembet ke Filipina.

Kabut asap yang mulai menyelubungi beberapa daerah di Filipina menimbulkan kekhawatiran berdampak pada keselamatan penerbangan dan risikonya bagi kesehatan.

“Kabut asap telah mencapai kota Zamboanga dan ini merisaukan,” kata Landrico Dalida Jr, deputi administrator Atmospheric, Geophysical and Astronomical Services Administration Filipina, seperti dikutip VOA, Sabtu (21/9).

Dalam pantauan lembaga itu, kabut asap tipis hingga sedang menyelubungi kota Zamboanga, Filipina Selatan, Cebu dan juga Dumaguete di bagian tengah serta Palawan, provinsi di bagian barat.

“Mungkin daerah-daerah lain juga mungkin terimbas kabut asap tersebut,” katanya.

Jika jarak pandang terbatas maka dampaknya pandangan terkena dampaknya maskapai mungkin membatalkan penerbangan karena khawatir akan masalah keselamatan. “Kami juga imbau warga mengenakan masker jika kualitas udara memburuk,” sambungnya.

Para pejabat Biro Manajemen Lingkungan Hidup, yang bertanggung jawab atas pencegahan dan pengendalian polusi telah memberi informasi kepada para pejabat setempat di wilayah yang dilanda kabut asap untuk meningkatkan kewaspadaan khususnya orang-orang yang sakit pernapasan, agar tetap tinggal di dalam rumah jika kondisi memburuk. (YAN?INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here