Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta – Beredar kabar dalam pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui aplikasi WhatsApp, bahwa aka nada angin Utara yang berhembus menuju bagian Selatan bumi dan membawa wabah penyakit.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Herizal, menjelaskan beberapa hal terkait berita tersebut.

Pertama, informasi yang menyatakan akan ada angin Utara menuju Selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG.

“Maka, kami pastikan isi informasi tersebut hoaks (berita bohong). Itu tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Herizal kepada Indonesiainside.id, saat dihubungi, Kamis (9/4).

BMKG menegaskan, bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau, sehingga sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari Utara (dari Benua Asia).

Bahkan, ujarnya, di beberapa wilayah di bagian Selatan Indonesia kini sudah mulai berembus angin dari Timur-Selatan (dari Benua Australia).

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi, yaitu melalui http://www.bmkg.go.id, follow @infobmkg. Dapat juga langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” ujarnya. (https://indonesiainside.id/headline/2020/04/10/bmkg-pastikan-informasi-angin-utara-ke-selatan-bawa-wabah-penyakit-hoaks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here