Juru parkir liar panen rezeki ketika bulan Ramadhan karena Pasar Klandasan Balikpapan ini selalu ramai

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Ini terbukti dari para penghasilan yang diperoleh oleh beberapa orang juru parkir (Jukir) liar dipasar tradisional Klandasan, Balikpapan Kota.

Pasar Klandasan yang berlokasi di tengah Kota Balikpapan ini, tak pernah sepi pengunjung terutama mendekati hari raya Idul Fitri saat ini. Sehingga membuat pengunjung silih berganti memarkirkan kendaraanya. Bahkan parkir kendaraan ini sampai ke luar dari area parkir yang ada.

Salah seorang Jukir bernama Andi mengatakan, setiap kendaraan roda dua biasanya memberi Rp2.000 dan roda emapt Rp3.000 sampai Rp5.000, dan ini tak membuat keberatan para pemilik kendaraan yang diaturnya.

“Kalo motor dua ribu ada aja yang kasih seribu diambil aja mas. Kalo mobil banyak yang kasih dua ribu juga, tapi ada juga yang lima ribu,” ujarnya.

Dengan demikian, dalam sehari Andi mampu meraup keuntungan bersih sekitar Rp500.000 hingga Rp600.000 dalam seharinya. “Alhamdulillah bisa sampe lima ratus kadang enam ratus mas,” tambahnya sambil tertawa.

Hal yang sama juga diungkapkan Rianata. Rianata yang menjaga parkir sejak pukul 07.00 Wita hingga 14.00 Wita setiap harinya mampu meraup uang sebesar Rp400.000 hingga Rp500.000. Uang hasil menjaga parkir ini ia pergunakan untuk memberi orangtua, dan sisanya digunakan untuk keperluan sehari-hari.

“Lumayan mas, bisa sampe Rp500.000 sehari. Jaganya dari jam tujuh sampe jam dua aja, aku gentian sama paman disini. Uang aku kasih ibu, sisanya buat makan sama beli pulsa aja,” terangnya.

Seperti diketahui, hampir setiap tahun saat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, Pasar Klandasan Balikpapan Kota selalu dipadati ribuan pengunjung yang belanja kebutuhan hari Lebaran, tak hanya di siang hari namun juga malam hari.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here