Oleh: Eko P / Yuliawan A

Poskaltim.com , Jakarta – Jika rakyat Malaysia bangga menggunakan mobil nasional mereka, Proton, Presiden Jokowi diminta menggunakan Esemka yang baru saja diresmikannya, sebagai wujud nyata mendukung industrialisasi. Jokowi perlu mencontoh Malaysia yang memilih memakai produk buatan dalam negeri Proton.

“Peranan pemerintah justru di situ, tidak hanya membantu dengan kebijakan tapi juga memberi dukungan moral dengan membeli dan menggunakan produk karya anak bangsa,” kata Direktur Re-industrialisasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Achmad Rizal di Jakarta, Jumat(6/9).

Rizal menuturkan dukungan pemerintah itu juga berlaku untuk semua produk karya anak bangsa selain Esemka, misalnya motor listrik Gesits.

Ia menyebut penggunaan produk karya anak bangsa misalnya bisa dilakukan dengan kewajiban pengadaan barang oleh pemerintah. Menurut dia, hal tersebut juga telah lumrah dilakukan di banyak negara.

“Semua negara seperti itu dan wajar. Itu memang penting untuk bisa menciptakan pasar dan meyakinkan masyarakat akan produk tersebut,” katanya.

Rizal menambahkan, penggunaan produk dalam negeri oleh pemerintah penting dilakukan karena juga akan mendukung perputaran roda produksi industri.

“Jadi gunakan produk produksi dalam negeri. Tanpa itu, industrialisasi tidak akan jalan. Karena ujungnya industrialisasi adalah produknya bisa dibeli dan laku di pasaran,” ujarnya.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here