Jembatan Panjang yang terletak di Kilometer 15 Kelurahan Karang Joang RT 25, yang kerap ramai dikunjungi warga Balikpapan di pagi dan sore hari.

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Satu lagi lokasi objek wisata di Kota Balikpapan yang bisa menjadi lokasi berswafoto maupun beramai-ramai bersama teman dan keluarga. Lokasi objek wisata ini terletak di Kilometer 15 Kelurahan Karang Joang RT 25, yang kerap ramai di pagi dan sore hari.

Lokasi ini bernama Jembatan Panjang yang tidak saja saat akhir pekan, namun juga ramai dikunjungi pada hari-hari biasa. Masyarakat Balikpapan selain mengabadikan berbagai momen, dapat juga melihat-lihat warga sekitar yang kerap memancing ikan dari atas jembatan. Apalagi, menurut warga, ikan yang ada di bawah jembatan cukup banyak karena memang merupakan muara dari Waduk Manggar.

Jembatan Panjang merupakan jembatan penghubung antara RT 25 dengan RT 38 Kelurahan Karang Joang. Jembatan ini sengaja dibangun oleh warga sekitar untuk bisa memangkas waktu tempuh perjalanan antar rukun tetangga.

Namun, belakangan banyak masyarakat yang datang tertarik untuk sekadar melakukan foto-foto. Dan juga sebagian ada yang memancing.

Pemandangan di sekitar Jembatan Panjang. Tidak saja menjadi spot swafoto, namun juga menarik untuk spot memancing ikan air taawr.
Roby dan Ali misalnya, dirinya datang ke lokasi ini hanya sekadar ingin tau lokasi Jembatan Panjang ini, karena mereka berdua penasaran akan keberadaan jembatan ini dari informasi teman-temannya.

“Saya liat di IG (Instagram) temen kan, kok bagus spotnya ini. Nah, saya ajak teman saya Ali ini kesini,” ujar Roby, Minggu (14/7).

Ternyata lokasi Jembatan Panjang di RT 25 Kelurahan Karang Joang ini membuat kedua remaja yang masih duduk dibangku SMK Sekolah Swasta di Balikpapan ini betah berlama-lama. Apalagi anginnya yang sepoi-sepoi serta pemandangan yang terhampar luas di depan mata mereka.

Sementara, Yadi dan Heru warga lainnya yang sengaja datang hanya untuk melakukan aktifitas memancing di atas Jembatan Panjang ini mengatakan, mereka berdua sering ke lokasi ini karena enak dijadikan lokasi memancing sambil menghilangkan kejenuhan.

“Sering sih kesini. Sambil mancing kita refresh pikiran aja. Jadi pas kerja besok enak lagi, Ujar Yadi, sambil senyum.

Di lokasi ini keduanya biasanya mendapatkan hasil tangkapan berupa ikan Nila dan Gabus. Kadang dapat besar kadang ukuran sedang.

Seperti diketahui, lokasi Jembatan Panjang ini memang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu bersantai. Selain itu juga bisa jadi lokasi berswafoto untuk di upload ke sosial media.

Bagi masyarakat yang berencana ke lokasi ini, sebaiknya bisa membawa perbekalan untuk menikmati pemandangan. Warga berharap Jembatan Panjang ini mendapat perhatian dari pemerintah daerah untuk dikelola lebih baik lagi.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here