Jembatan Mahakam Kota IV yang terus dikebut pengerjaannya agar dapat dioperasikan pada pertengahan tahun 2020.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Salah satu proyek strategis yang dinantikan oleh masyarakat Kaltim, terutama warga Samarinda selain jalan tol Balikpapan-Samarinda, adalah penyelesaian Jembatan Mahakam Kota (Jembatan Mahkota IV) yang terus dikebut pengerjaannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim, Taufik Fauzi menjelaskan jika pengerjaan railing dan grider yang tengah dikerjakan oleh PT Mitra Mandiri Jaya telah terlihat progress pengerjaannya.

Pengerjaan grider atau beton antar sambungan masih dalam proses pemasangan pondasi untuk penyangga semen beton yang akan dicor di atas girder tersebut. Sementara itu untuk railing atau besi pembatas dinding jembatan sudah mulai terlihat progress pengerjaannya jika dilihat dari arah sisi Samarinda.

“Kita berharap pengerjaannya ini sesuai dengan target pekerjaan yang disepakati yaitu selama 100 hari kerja. Kalau melihat progresnya saat ini, saya optimistis akan selesai sesuai target tiga bulan tersebut,” tutur Taufik, Sabtu sore (25/10).

Dijelaskan Taufik, proyek pengerjaan grider dan railing Jembatan Mahkota IV ini menelan anggaran sebesar Rp28 miliar. Angka tersebut rupanya juga digabungkan dengan pengadaan lampu tematik yang nanti akan menghiasi jembatan baru ini.

“Lampu tersebut juga akan dipasang tahun ini. Bersamaan dengan uji beban yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat nantinya. Kami akan berkoordinasi dengan Gubernur, bagaimana konsep dan kami harap akan lebih bagus daripada lampu yang telah ada di Jembatan Mahkota 3,” harapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here