Pembangunan Jembatan MAhakam kota IV yang berdampingan dengan Jembatan Mahakam Kota I, dijadwalkan molor dalam pengerjaan dan akan selesai pada Maret 2020 dari sebelumnya Desember 2019.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda, Pembangunan Jembatan Mahakam IV yang dijadwalkan rampung pada akhir tahun 2019, tampaknya akan molor lagi.

Padahal pembangunan jembatan ini sudah molor beberapa kali. Mundurnya pengerjaan jembatan ini pun disampaikan oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, Kamis (19/9).

“Kalau (molornya) pengerjaan jembatan memang (karena) ada perubahan desain dan ada keterlambatan pemesanan alat yang berdampak sistemik pada pekerjaan lainnya. Sehingga tidak bisa segera diselesaikan,” ujarnya.

Hadi juga menerangkan bahwa pengerjaan baru bisa selesai pada bulan Maret tahun depan. Semua ini bersifat teknis dan tidak bisa dipaksakan untuk segera dibangun.

Setelah siap difungsikan, akan ada sejumlah uji kelayakan selama enam bulan. Tiga bulan pertama adalah pengujian dan tiga bulan berikutnya adalah hasil rekomendasi yang akan dilakukan oleh tim penguji dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kalau laporan terakhir yang diterima adalah pada Maret 2020 baru selesai. Kan bukan saya yang bikin itu, semua ada aturannya,” ujarnya.

Hingga saat ini, pembangunan konstruksi jembatan sudah tersambung, namun sisi tengah jembatan belumdilakukan semenisasai. Sedangkan kedua sisi jembatan sudah selesai semenisasi dan sudah siap digunakan.

Jembatan Mahakam IV ini berdampingan pembangunannya dengan jembatan Mahakam Kota pertama yang dibangun ada tahun 1980-an. Nantinya jika jembatan ini selesai, maka diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas yang masuk dan keluar kota Samarinda.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here