Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Warga di Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Sambutan, kota Samarinda bergotong royong memperbaiki sebuah jembatan yang kayu dan tiang menyangganya sudah banyak yang lapuk.

Menurut warga, mereka berinisiatif memperbaiki jembatan yang telah bergoyang ini sebelum ada jatuhnya korban jiwa bagi warga yang melintasinya.

“Warga bersama pihak kelurahan melakukan perbaikan. Dana untuk kegiatan ini berasal dari iuran warga, maklum kami memperbaikinya dengan swadaya. Banyak warga yang peduli akan kondisi jembatan ini,” ujar Lurah Sindang Sari, Ali Zubaid, pada Jumat siang (6/9).

Bahan-bahan kayu jembatan yang dibeli warga diantara kayu ulin untuk pondasi, papan, paku dan juga beberapa alat pertukangan seperti palu dan gergaji. Dana yang terkumpul pun semuanya digunakan dengan baik, bahkan sisa dana yang ada dipakai untuk membeli konsumsi makan bersama seluruh warga yang terlibat dalam gotong royong.

Lurah berharap, kegiatan seperti ini bisa menjadikan masyarakat lebih peduli akan wilayahnya. Selain itu juga, silaturrahim antar sesama warga bisa lebih erat, karena warga dapat berkomunikasi dan bekerjasama langsung dalam satu kegiatan.

Sementara itu, Sukamto mengatakan jika warga tidak dapat menunggu program pemerintah karena dikhawatirkan jembatan terlanjur ambruk dan menyebabkan korban jiwa. “Kami sengaja memperbaiki ini lebih cepat. Lagipula jembatan ini akses satu-satunya yang kita lewati setiap hari, jadi tidak ada salahnya jika kita perbaiki langsung tanpa menunggu bantuan perbaikan oleh pemerintah,” jelasnya. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here