Sebanyak 445 jamaah calon haji asal Provinsi Sulawesi Utara telah masuk ke Embarkasi Balikpapan.

Oleh: Ronald Ginting / Yuliawan A

Poskaltim.com, Manado – Calon Jamaah Haji asal Provinsi Sulawesi Utara yang berjumlah 445 orang telah diberangkatkan dari Bandara Sam Ratulangi, Manado menuju embarkasi haji di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Terdapat belasan bus yang mengantarkan para jamaah menuju bandara bandara. Puluhan petugas Angkasa Pura I Sam Ratulangi Manado dan Kantor Otban Wilayah VIII langsung mengatur di depan ruang keberangkatan supaya tidak terganggu dengan pengantar yang sudah terkumpul sejak pukul 19.00 Wita, Selasa Malam.

Ratusan Calon Jamaah Haji yang hendak berangkat ini terlihat antusias dalam menunaikan ibadah haji meskipun ada beberapa orang yang sakit dan sudah dibantu dengan kursi roda untuk memasuki area bandara. Para jamaah yang kurang sehat ini terlihat dibantu oleh pihak Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara sehingga rombongan tetap lancar menuju keberangkatan ke embarkasi Balikpapan.

Kepala Pembinaan Kemenag Sulut, Fahmi Jaba mengatakan yang berangkat pada pagi Rabu (31/7) ini merupakan kloter 12, yang mana tiga daerah terbanyak mengutus calon jamaah haji yakni Kota Mobagu sebanyak 134 orng, Bitung 109 orang, dan Bolmong 73 orang.

Sementara itu, perwakilan daerah lainnya juga ada yang berangkat namun tidak ada calon jamaah haji Sangihe, Minahasa, Minsel, dan Mitra karena keempat kabupaten/kota baru akan berangkat pada esok subuh atau Kamis, 1 Agustus 2019.

“Jadi yang berangkat pagi ini yaitu laki-laki sebanyak 180 orang dan perempuan sebanyak 275 orang,” kata Fahmi di Bandara Sam Ratulangi Manado, subuh tadi.

Menurut Fahmi, calon jamaah haji yang paling tua dalam kloter 12 tahun ini bernama Aenan Paputungan berusia 89 tahun dari Kota Kotamobagu. Sedangkan yang termuda berusia 23 tahun dan bernama Anisa Mursid asal Kota Bitung.

Ditambahkan Fahmi, sebelum diberangkatkan, calon jamaah haji dilepas oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw bersama para Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

“Mereka tadi juga menerima dana talangan dari Pemprov Sulut sebanyak Rp3,5 juta per orang,” ucap Fahmi.

Embarkasi Haji Balikpapan tidak saja melayani penerbangan haji dari Kaltim, melainkan juga dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here