Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta meyakini bahwa drainase vertikal akan mampu mengatasi permasalahan kelebihan dan kekurangan air di ibu kota.

Oleh: M Aulia Rahman / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Permasalahan air bersih di Jakarta sama dengan permasalahan air di kota-kota besar lainnya di dunia. Untuk mengatasi permasalahan air ini, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta meyakini bahwa drainase vertikal akan mampu mengatasi permasalahan kelebihan dan kekurangan air di ibu kota. Saat ini Dinas SDA tengah mencari waduk yang tepat untuk menerapkan vertikal drainase.

“Kita sedang upayakan drainase vertikal di beberapa tempat. Fungsinya selain sebagai antisipasi genangan juga resapan air,” kata Juaini Yusuf, kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Selasa (23/7).

Ia juga berharap, nantinya waduk yang ada di Jakarta akan dimanfaatkan untuk air minum. “Waduk yang sudah jadi akan kita kelola supaya airnya bisa diminum oleh warga sekitar,” paparnya.

Juaini mengatakan, dia belum mengetahui waduk mana yang airnya dapat digunakan sebagai air baku. “Nanti kita survei dulu lokasi mana yang bisa kita gunakan sebagai air minum. Selain itu, kita berharap semua waduk bisa difungsikan sebagai penampungan air hujan, sehingga tidak menyebabkan banjir,” ujarnya.

Selain waduk, drainase vertikal diharapkan bisa dibuat lebih banyak lagi. “Semua suku dinas sudah diperintahkan untuk membuat vertikal drainase. Targetnya ya sebanya-banyaknya,”ujarnya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here