Komite Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 006 Balikpapan Tengah bersama Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Bersatu (IWSS) menggelar sebuah kegiatan Ramadhan yang cukup unik, yakni mengenalkan tata cara Fardu Kifayah

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Komite Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 006 Balikpapan Tengah bersama Ikatan Wanita Sulawesi Selatan Bersatu (IWSS) menggelar sebuah kegiatan Ramadhan yang cukup unik, yakni mengenalkan tata cara Fardhu Kifayah, kepada anak didik dan wali muridnya disalah satu ruang kelas mereka pada Sabtu (18/5).

Kegiatan Ramadhan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan tentang tata laksana memandikan jenazah, sehingga lebih mudah merealisasikan disaat ada kerabat terdekat yang meninggal.

“Tujuannya sih melalui latihan ini dapat memberikan kemudahan untuk kita, manakala ada keluarga atau kerabat yang meninggal jadi tidak akan canggung saat harus mengurus jenazahnya, karena suatu ketika pasti kita akan mengalami hal tersebut,” ujar Ketua IWSS Balikpapan Hasnah Djamaluddin.

Lanjut Hasnah, kegiatan ini merupakan program IWSS Bersatu bidang keagamaan dan pemberdayaan yang pelaksanaannya dalam bentuk dan kegiatan yang berbeda-beda. Kegiatan ini juga disaksikan sejumlah murid dan orang tua murid di sekolah SDN 006 Balikpapan Tengah.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 006 Jaka Pramono mengatakan, bahwa tidak semua orang bisa menjadi petugas fardhu kifayah, meskipun kesempatannya terbuka karena profesi ini adalah panggilan hati. Disamping itu juga butuh keberanian dan kesabaran saat menjalani profesi tersebut.

“Alhamdullilah sekali Komite Sekolah kami melaksanakan program kerja ini, karena tidak semua orang memiliki keberanian untuk menjadi pelaksana fardhu kifayah, karena ini adalah panggilan hati, semoga ilmu yang sangat bermanfaat ini dapat dilaksanakan dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya saat membuka acara fardu kifayah di sekolahnya.

Sedangkan Sekretaris Komite Sekolah Nunik Anjarwati mengatakan, bahwa program ini telah direncanakan untuk mengisi bulan Ramadhan dengan harapan pengetahuan ini bisa diketahui dan dipahami oleh wali murid dan juga para siswanya. (AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here