Direktur Eksekutif Indef, Enny Hartati mengingatkan jika menteri yang disukai oleh pasar adalah menteri yang dapat memberi kepastian

Oleh: Rudi Hasan / Yuliawan

Poskaltim.com, Jakarta – Direktur Eksekutif Indef, Enny Hartati urun bicara soal karakteristik menteri di kepemimpinan Joko Widodo periode kedua. Namun, dirinya tak menganalisa kebutuhan menteri dari sudut pandang petahana, tapi lebih kepada kebutuhan pasar.

“Pasar sukanya menteri yang dapat memberikan kepastian,” kata Enny di Jakarta, Sabtu, (6/7).

Artinya, kata dia, integritas menteri terkait harus pakem betul. Misalnya dari segi kebijakan. Ketika regulasi dikeluarkan harus ada perencanaan dan pertimbangan yang matang.

Menurutnya, pemahaman tentang hal ini sangat penting. Sebab Indonesia tak kekurangan Sumber Daya Manusia di bidang perekonomian. Misalnya di sektor industri.

“Jadi kita bisa mapping industri apa yang punya daya saing. Sehingga kita mampu untuk mengembangkan dan memberi nilai tambah,” beber Enny.

Namun ia tidak mau menyebut ketika ditanya mengenai nama yang cocok mengemban tugas tersebut. Sebab Enny hanya fokus pada kriteria yang dibutuhkan pasar. Dia ingin jabatan di kementerian teknis yang dibutuhkan pasar. Dia ingin jabatan di kementerian teknis bidang perekonomian, benar-benar diserahkan ke ahlinya.

Enny lantas mengkritik kondisi saat ini, di mana para menteri bidang perekonomian terkesan bekerja sendiri-sendiri. Hal ini tergambar dalam regulasi terkait hal iti. Misalnya terkait aturan di ranah perindustrian.

Menurut dia, aturan tersebut kerap berbenturan dengan regulasi di Kementerian Perdagangan atau badan investasi. Sehingga ke depan dibutuhkan tak hanya orang yang piawai, namun bisa berkoordinasi.

“Harus dicari orang yang lebih tepat dari sekarang ini,” ujar dia. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here