Jakarta yang dahulu bernama Batavia adalah representasi penjajahan oleh kolonial Hindia Belanda. Julukan Queen of The East, artinya Batavia dibangun untuk kepentingan pemerintah kolonial Hindia Belanda

Oleh: Suandri Ansah / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Jakarta yang dahulu bernama Batavia adalah representasi penjajahan oleh kolonial Hindia Belanda. Julukan Queen of The East, artinya Batavia dibangun untuk kepentingan pemerintah kolonial Hindia Belanda dengan memanfaatkan pelabuhan yang dibangun VOC.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan konsep ibu kota yang baru akan merepresentasikan identitas bangsa Indonesia. Penandanya akan terlihat dari bentuk bangunan, museum hingga fasilitas publik dan budaya.

“Ibu kota baru kita harapkan akan merepresentasikan identitas dan persatuan bangsa sekaligus merefleksikan kebinekaan bangsa. Terlihat dari berbagai macam bentuk bangunannya,” ujarnya dalam Dialog III: Pemindahan Ibu Kota di Gedung Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Bambang menyebut Jakarta, ibu kota yang sekarang tidak merepresentasikan nuansa nasionalisme itu. Menurutnya, Jakarta yang dahulu bernama Batavia adalah representasi penjajahan oleh kolonial Hindia Belanda.
.
“Sehingga Batavia itulah yang jadi pusat pemerintahan kolonial. Jadi tidak merepresentasikan sama sekali kepentingan rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Selain simbol identitas bangsa, ibu kota yang baru nanti juga mengusung visi kota pintar dan ramah lingkungan, modern, berstandar internasional dan tata kelola pemerintahan yang efisien dan efektif.

Presiden Joko Widodo akan menyampaikan lokasi persis ibu kota baru. Hal itu akan dilakukan setelah seluruh kajian selesai.
“Akan diumumkan kalau sudah waktunya kalau kajian sudah complete. Kalau masalah-masalah yang ada sudah selesai baru saya sampaikan di mana,” kata Joko Widodo di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8).

Jokowi mengakui ibu kota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Pulau Kalimantan. Saat ditanya apakah lokasi ibu kota baru nanti di Kalimantan Timur, dia belum memastikan. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here