Oleh: Annisa Fadhilah / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan ibu kota baru terintegritas dengan transportasi yang memiliki teknologi elektrik. Selain untuk menghindari polusi udara, penggunaan transportasi ini juga akan menjadikan ibu kota baru sebagai smart city capital.

“Pak Presiden menginginkan di Ibu Kota baru, wilayahnya terintegrasi dengan transportasi teknologi elektrik dan didesain sebagai Ibu Kota yang smart city,” ujar Menko Kemaritiman Luhut di Jakarta, Senin (9/9).

Menurut dia, saat ini pemerintah sedang membahas usulan tersebut dengan sejumlah pakar. “Hari ini Presiden sedang mengadakan pertemuan dengan para ahli pakar dunia untuk membahas Ibu Kota baru,” tambah Luhut.

Luhut juga mengatakan, dari Kemenko Maritim sendiri belum menyiapkan anggaran untuk pembangunan Ibu Kota baru. Untuk tahun ini anggaran Kemenko Maritim juga bakal dicukup-cukupkan untuk kegiatan internal karena keadaan ekonomi global yang tidak kondusif.

Sedangkan untuk ibu kota baru, Luhut mengatakan, yang menghitung anggaran itu adalah Bappenas. Apabila Bappemajunas sudah selesai menghitung, nanti Kemenko Maritim akan memberi gagasan kepada Bappenas.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here