HUT Bhayangkara Ke-73 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (10/7). Acara turut dihadiri oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi,

Oleh: Andrie Aprianto / Yuliawan A

Poskaltim.com, Balikpapan — Hujan yang turun tidak menyurutkan semangat para pengayom masyarakat dalam memperingati HUT Bhayangkara Ke-73 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (10/7).

Ratusan peserta upacara yang terdiri dari prajurit gabungan seluruh satuan yang ada di Kepolisian Daerah Kaltim, gabungan Batalyon TNI dari seluruh Kaltim, organisasi masyarakat dan tidak ketinggalan para undangan upacara para santri dari beberapa pondok pesantren yang ada di Balikpapan.

Upacara peringatan Ke-73 korps Bhayangkara ini juga dilaksanakan secara serentak di sepuluh kabupaten dan kota lainnya di seluruh Kaltim.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto menjadi inspektur upacara, mengucapkan terimakasih atas peran serta masyarakat Kaltim yang telah membantu aparat kepolisian dalam menjaga kondusifitas di Kaltim selama berlangsungnya perhelatan Pemilu Serentak 2019 lalu.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh warga Kaltim yang telah menjaga kondusifitas selama pemilu 2019 kemarin,” ujarnya.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan kegiatan defile pengantaran Purna Tugas Polda Kaltim dan defile seluruh satuan-satuan yang ada di Polda kaltim. Tujuannya adalah untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat
Jenderal bintang dua ini membacakan sambutan tertulis dari Presiden Joko Widodo yang mengungkapkan bahwa pencapaian kinerja Polri sudah sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan kepercayaan masyarakat yang lebih baik kepada kepada Polri.

“Pencapaian ini menjadi acuan bagi Polri agar kinerja dalam melayani masyarakat dan lebih bekerja keras memberantas kejahatan,” ujarnya.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan kegiatan defile pengantaran Purna Tugas Polda Kaltim. Pada penampilan defile Polda Kaltim menampilkan seluruh satuan-satuan yang ada di Polda kaltim.

Tujuannya adalah untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat dan tamu undangan yang hadir pada acara Hari Bhayangkara ini.

“Kita adakan defile ini dari seluruh satuan kita yang ada di Polda Kaltim. Ini untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat dan tamu undangan,” ujar Kapolda usai memimpin upacara.

Hadir pula dalam upacara HUT Bhayangkara ini, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim serta unsur Forkopimda Kaltim dan Kota Balikpapan.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan hiburan rakyat berupa penampilan Tukul Arwana dan pedangdut Zaskia Gotik. Masyarakat yang tumpah ruah menyaksikan artis idola mereka turut larut berjoget bersama para personel TNI dan Polri.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here