Wartawan beebrapa media di Samarinda diajak melihat kondisi hutan pada Desa Iklim Plus kerjasama Humas Prov Kaltim dan Dewan Perubahan Iklim Daerah Kaltim, ke Desa Muhuran Kutai Kartanegara, Selasa (22/10)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Humas Pemprov Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim, mengajak puluhan wartawan untuk mengunjungi Desa Iklim, yang tersebar di beberapa kabupaten di Kaltim.

Inni Indrapuri, Kepala Bagian Publikasi Humas Provinsi Kaltim mengatakan, ada beberapa desa yang akan dikunjungi yaitu Desa Muhuran di Kabupaten Kutai Kartanegara, Desa Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Desa Tuana Tuha di Kabupaten Berau.

“Kita telah bagi masing-masing wartawan yang ikut dalam kunjungan lapangan sebanyak delapan orang. Sehingga totalnya yang dari media sebanyak 32 orang ditambang pemandu dari DPPI Kaltim dan panitia dari Humas,” ucapnya sesaat sebelum keberangkatan ke Desa Mentawir, Jumat (25/10) sore.

Menurut Inni, pentingnya mengajak wartawan mengunjungi desa-desa yang akan ikut serta dalam Pro Iklim Plus ini adalah untuk memastikan bahwa komitmen Kaltim dalam penurunan emisi karbon sangatlah serius dan berkelanjutan.

Sementara itu, anggota DDPi Kaltim, Achmad Wijaya mengatakan masih banyak persoalan yang dihadapi oleh desa-desa peserta kampong iklim ini, diantaranya persoalan listrik yang belum menyala 24 jam, masalah pengairan pertanian, hingga partisipasi masyarakat yang masih perlu ditingkatkan.

“Nantinya desa-desa yan gtergabung dalam kampong iklim plus ini akan mendapatkan insentif berupa program dan beberapa program bantuan, asalkan warganya sepakat untuk menjaga hutan mereka tetap lestari sehingga dapat terus memproduksi oksigen,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here