Kebakaran yang menghanguskan empat rumah di saat penghuninya bersiap akan melaksanakan Sholat Jumat

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Warga Jalan Wahab Syahranie tepatnya di gang Ulin RT RT 11 Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara, dihebohkan oleh kebakaran rumah warga yang bernomor 35, 36, 37 dan 38 pada Jumat (24/5) siang.

Sebanyak empat unit rumah hangus terbakar ini adalah milik Hengki, Eka Nurhasanah, David dan Sony. Api terlihat berasal dari rumah milik Hengki sekitar pukul 11.05 Wita, sebelum Sholat Jumat dilaksanakan.

Selang hampir satu jam api berhasil dipadamkan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan bersama dengan relawan yang mengerahkan delapan unit mobil pemadam kebakaran.

Hengki, pemilik rumah mengatakan jika yang pertama kali terlihat adanya percikan api berasal dari kamar milik sang anak. Seketika itu juga dirinya langsung menyelamatkan anak-anak yang berada di dalam rumahnya.

“Tadi itu pas baru selesai mandi mau sholat tiba-tiba lihat percikan api yang membesar di kamar anak,” ujarnya.

Setelah menyelamatkan keluarganya Hengki lantas berteriak minta tolong oleh warga sekitar untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

“Saya (langsung) keluar aja teriak minta tolong (kepada) warga sekitar,” jelasnya.

Tak banyak barang berharga yang bisa diselamatkan oleh Hengki, lantaran rumahnya yang menjadi pusat titik api. Dirinya hanya mampu menyelamatkan surat-surat berharga rumahnya saja.

“Yang penting keluarga dulu saya selamatkan, tadi istri sempat selamatkan surat-surat berharga,” terangnya.

Dalam musibah kebakaran ini tidak hanya menghanguskan empat rumah saja, sebuah sepeda motor milik warga sekitar juga terkena dampak. Beruntung dalam musibah ini tidak ada korban jiwa.

Pihak kepolisian hingga lokasi kebakaran dilakukan pendinginan masih memasang garis polisi (police line) dan melakukan identifikasi awal.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here