Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com , Jakarta – Praktik penipuan dengan mengambil momentum perayaan satu dekade aplikasi Whatsapp, penipuan dengan iming-iming baagi-bagi internet gratis marak dilakukan.

Penipuan ini dilayangkan dalam bentuk pesan berantai dengan iming-iming “hadiah ulang tahun” berupa paket data internet 1.000 GB secara gratis untuk para pengguna WhatsApp.

Modusnya, pesan tersebut diberi judul “WhatsApp Offers 1000 GB Free Internet!” jika tautan di-klik, akan membawa Anda pada ke sebuah situs berisi logo WhatsApp, dan mengharuskan Anda untuk mengisi sejumlah survei untuk mendapatkan internet gratis.

Berhati-hatilah! Karena internet gratis yang di janjikan adalah modus penipuan. Dan situs yang dituju juga bukan situs resmi milik WhatsApp.

Motif di balik pesan penipuan ini adalah “click fraud scheme“. Pembuatnya berusaha mendatangkan klik sebanyak-banyaknya untuk mendulang pemasukan dari iklan di situs WhatsApp abal-abal tadi.

Sejauh ini, situs jebakan tersebut tidak melakukan hal-hal berbahaya terhadap perangkat pengguna, seperti misalnya memasang malware atau mencuri data. Namun, situs itu bisa saja berubah sewaktu-waktu dan dipasangi program jahat.
Apabila Anda menerima pesan berisi penipuan seperti di atas, jangan klik tautan ataupun meneruskannya ke orang lain.

Satu tautan palsu, sangat memungkinkan untuk menjadi sebuah kejahatan Scamming. Hal ini dapat memungkinkan untuk mereka memasang cookie di browser dan melacak aktivitas online Anda.

WhatsApp sendiri diimbau oleh ESET agar melancarkan kampanye edukasi, supaya penggunanya lebih awas dengan jenis-jenis pesan penipuan alias scam.

Jika Anda tidak sengaja mengklik salah satu tautan jahat, disarankan untuk menghapus riwayat penjelajahan situs web Anda dan menghapus semua cookies. Anda bisa melakukan ini di menu Settings pada browser.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here