Sebagian ASn berpakaian adat nusantara saat memperingati Hari Kebangkitan Nasional di halaman kantor Balaikota Balikpapan

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Pemerintah Kota Balikpapan menggelar upacara bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2019, di halaman kantor Pemkot Balikpapan, pada Senin (20/5) pagi. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Dalam sambutannya Walikota Balikpapan mengatakan, tepat di Hari Kebangkitan Nasional ini masyarakat diminta untuk terus dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta selalu kompak menjaga NKRI. Mengingat pada 22 Mei akan diumumkan hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI.

“Peringatan Harkitnas ini perlu dijunjung penuh dengan selalu kompak menjaga persatuan dan kesatuan. Apalagi pada Harkitnas kali ini disambut dengan ditetapkan penghitungan suara resmi KPU, sehingga diminta kepada masyarakat untuk menerima apapun hasil pemilu nanti.

Bahkan, Rizal menyatakan jika “people power” yang menyebar ke berbagai daerah termasuk sampai di Balikpapan, dirinya memastikan jika di Balikpapan tidak ada gerakan pengerahan massa.

“Di Kaltim, khususnya di Balikpapan, baik Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Paguyuban di Balikpapan menolak adanya people power,” tegasnya.

Rizal juga meminta kepada masyarakat untuk menolak dan menghindari gerakan people power tersebut, apalagi sampai ikut-ikutan people power ke Jakarta dengan melakukan gerakan–gerakan yang merugikan bangsa dan negara.

Selain itu, diakui sangat besar biaya bagi masyarakat yang akan ke Jakarta, karena biaya tiket pesawat yang saat ini sudah sangat mahal. Tiket pesawat yang mahal dapat membatalkan agenda people power.

“Bagi masyarakat yang tidak puas dengan hasil pemilu yang akan diumumkan KPU 22 Mei nanti, maka masyarakat dapat menggunakan jalur Bawaslu dan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK),” ujarnya.

Dalam apel peringatan Harkitnas di halaman kantor Balai kota Balikpapan ini, sebagian peserta apel memakai baju daerah dari beberapa suku di Indonesia, yang melambangkan persatuan dan kesatuan.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here