Kantor Kecamatan Sepaku yang diyakini warga sebagai lokasi ibu kota negara.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Sepaku Semenjak pengumuman bahwa ibu kota negara negara akan pindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), warga di Kecamatan Penajam dan Kecamatan Sepaku mendapat imbasnya. Harga tanah yang semua hanya sekitar Rp25 jutaan dengan ukuran petak 10×20 meter persegi, kini harganya sudah naik berlipat-lipat hingga menyentuh angka Rp100 juta.

“Kalau tanah ukuran besar, hektar-hektaran, sebelum pengumuman Pak Jokowi, harganya antara Rp100-150 juta. Kini harganya untuk surat segel sudah berharga Rp250 juta dan bersertifikat dapat mencapai Rp1 miliar,” ujar Lurah Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Hendro Susilo saat berbincang di rumahnya, Ahad (15/9).

Harga tanah yang naik berlipat-lipat ini, ujarnya, tidak lepas dari penetapan calon ibu kota negara yang dikabarkan berbatasan langsung antara Kabupaten Ppu dan Kutai Kartanegara. Bagi warga setempat, secara geografi, Kecamatan Sepaku inilah tempatnya. Terlebih, di kecamatan seluas 1.173 hektare ini, terdapat lahan milik negara dengan luas lebih dari 225.000 hektare.

Warga berlomba menaikkan harga tanah karena mereka berharap dapat mengambil keuntungan, karena berada di sekitar tanah negara tersebut. Setali tiga uang, para pemburu tanah, baik memang pemilik dana maupun spekulan, sudah lebih sebulan ini, ujar Hendro, terus berkeliling kampung.

Warga membersihkan lahan-lahan mereka yang selama ini dibiarkan terlantar. Kini dengan banyaknya permintaan warga membersihkan lahan-lahan mereka.
Saat Poskaltim berbincang di depan teras rumah saja, ada dua kendaraan lalu lalang. Kendaraan ini bernomor polisi B (DKI Jakarta) satu bermerk Kijang Innova dan satunya lagi bermerk Toyota Hammer!

“”Coba lihat plat nomornya, Jakarta kan B. Saya kenal mobil warga sini, tidak bakalan ada punya (merek) Rubicon atau Hammer. Itu pasti orang cari-cari lahan,” ujarnya.

Sementara itu, harga tanah di Kecamatan Penajam (ibu kota kabupaten) harganya lebih bersahabat. Untuk ukuran 10×20 harganya menyentuh angka Rp50 juta, sementara sebelumnya kurang dari Rp25 juta.

Setelah mengetahui kisaran harga, anda berminat mencari tanah juga di lokasi yang berdekatan dengan ibu kota negara? (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here