Harga ayam dan cabai menjelang Idul Adha harganya sudah ebaik. Walaupun kendapat keluhan warga, namun dua komoditas ini tetap dicari.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Samarinda harganya turut “tancap gas” meninggalkan harga lama. Mulai dari komoditas ayam segar hingga cabai sepertinya sama-sama bersaing menjadi komoditas yang harganya terus menaik.

Harga ayam di pasar Sentral Segiri Samarinda, harga ayam dipatok mulai dari Rp35.000 sampai dengan Rp65.000 per ekornya. Harga ini tentu jauh dari harga normal yang biasanya hanya di bawah Rp35.000 untuk ayam ukuran kecil.

Begitu juga dengan harga cabai yang melonjak sampai harga Rp95.000 per kilonya. Padahal, beberapa lari yang lalu, harganya masih normal dikisaran Rp45.000 hingga Rp60.000 per kilonya.

Menurut pedagang yang tiap hari berjualan ayam, saat ditanyakan oleh Poskaltim.com pada Kamis (8/8) mengatakan bahwa kondisi ini terjadi hampir tiap tahun. Mereka mengatakan permintaan yang besar menjadi alasan mereka menaikan harga. Selain itu kondisi stok yang berkurang juga factor untuk menaikkan harga.

“Ayam mahal karena banyak yang ambil (yang beli). Jadi kurang stok kami, makanya harganya dinaikan,” ungkap Yulia salah seorang pedagang ayam di Pasar Segiri.

Sementara itu untuk harga cabai. Pedagang mengaku kondisi ini terjadi akibat musim kemarau panjang yang terjadi. Sehingga tanaman para petani banyak yang gagal panen dan harganya menjadi lebih mahal.

“Dari petaninya sudah mahal harganya. Katanya kemarau gagal panen. Jadi cabai yang dijual juga sedikit,” ujar Suwarso, salah seorang pedagang sayur.

Warga pun mengeluhkan kenaikan harga ini yang seolah menjadi fenomena hari besar keagamaan, namun warga tidak punya pilihan. Akibatnya mau tidak mau warga pun harus menguras dompet lebih dalam untuk membelinya.

“Kalau tidak dibeli yah kita tidak berlebaran Terpaksa juga jadinya kita beli meski harganya mahal dan belinya sedikit,” ujar Isnawati salah seorang pembeli di Pasar Segiri Samarinda.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here