Sepuluh anak dari kabupaten/kota di Kaltim diikutsertakan dalam puncak acara Hari Anak Nasional, sebagai bagian dalam partisipasi pembentukan forum anak nasional.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Dalam acara peringatan Hari Anak Nasional yang berlangsung di Lapangan Karebosi, Makassar, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) mengajak sepuluh anak-anak dari kabupaten/kota untuk menghadiri acara tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Halda Arsyad melalui Kabid PPPA Noer Adenany membenarkan turut sertanya sepuluh anak-anak dalam delegasi Kaltim yang mewakili 10 kabupaten/kota se Kaltim.

Sebelum mengikuti acara ini, anak-anak tersebut mendapatkan pembekalan sebagai persiapan pembentukan Forum Anak Nasional 2019.

Dijelaskan Adenany, keterlibatan anak dalam proses perumusan kebijakan pemerintah memang menjadi cita-cita besar dari adanya Forum Anak Nasional. Forum Anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak.

“Forum Anak merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak. kegiatan ini sangat strategis dalam upaya mengoptimalkan peran anak dalam pembangunan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan semangat Forum Anak Nasional, dapat meningkatnya kapasitas, pemahaman, pengetahuan, dan kesadaran, serta perannya sebagai agen pelopor dan pelapor pemenuhan hak anak.

Sementara itu, Hari Anak Nasional yang jatuh pada Selasa 23 Juli 2019, untuk tingkat Kaltim akan diperingati pada Senin pekan depan (23/7/2019) di halaman Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here