Menteri Permerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise memperingatkan orang tua akan bahaya gawai atau telepon seluler yang dapat mengganggu mental anak.

Oleh: Indrawati / Yuliawan A

Poskaltim.com, Makassar – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 dipusatkan di Lapangan Karebosi, Kota Makassar. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana yambise mengatakan gawai atau telepon seluler menjadi musuh utama bagi anak-anak saat ini. Menurutnya, jika orang tua tidak mengawasi maka banyak tontonan di Youtube, media sosial, hingga permainan game berpotensi merusak mental anak.

“Banyak kekerasan terjadi karena (anak-anak) suka menonton HP dan bermain media sosial. Olehnya, saya berpesan banyaklah membaca dan menulis buku. Fokus belajar,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise di Lapangan Karebosi, Makassar, Selasa (23/7).

Dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN), Menteri Yohana yang akrab disapa Mama Yo itu menyampaikan, anak-anak Indonesia harus lebih banyak membaca buku dibanding memegang handphone. Menurutnya, banyak kekerasan terjadi pada anak akibat dari teknologi.

Di hadapan ribuan anak-anak Indonesia, Mama Yo menyampaikan jika waktu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ini untuk menunjang Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas demi masa depan bangsa dan negara.

“Anak-anakku ini adalah calon presiden, calon menteri, calon gubernur. Sehingga, teruslah berprestasi, rajin beribadah dan hormat kepada orangtua,” tuturnya.

Wanita kelahiran Monokwari Provinsi Papua Barat itu menyebutkan, masa depan kita adalah anak-anak. Olehnya, perempuan Indonesia memiliki kedudukan mulia yang harus dijaga untuk menghasilkan generasi cerdas dan berprestasi.

“Semua punya hak yang sama untuk hidup di negara ini. Negara ini memerlukan kalian. Nantinya, kalian yang akan jadi menteri, pemimpin masa depan. Rajinlah belajar mulai dari PAUD, karena Mama Yo juga rajin belajar,” ujarnya. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here