Oleh : Yuliawan Andrianto

Poskaltim.com, Samarinda – Empat orang warga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Keempatnya terdata telah hadir di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, dalam rangka Tabliq Ijtima Zona Asia pada pertengahan Maret lalu.

Selain empat orang ini, yang juga terkonfirmasi positif pasa Senin, 5 April 2020 adalah dua orang warga Kota Balikpapan.

Penjelasan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat penyampaian rilis harian perkembangan Covid-19 melalui aplikasi di Samarinda, Senin (6/4).

“Yang terkonfirmasi positif hari ini sebanyak enam orang dua berasal dari Balikpapan dan empat orang lainnya adalah warga Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Andi.

Ia menjelaskan, kasus positif di Balikpapan, karena seorang yang memiliki riwayat perjalanan ke Sukabumi. Sedangkan seorang lainnya mengikuti kegiatan kerohanian di Bogor.

Sementara itu empat orang terkonfirmasi positif Covid-19 di calon ibu kota negara ini adalah para peserta Ijtima Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, 19-22 Maret lalu.

Perjalanan dilakukan secara bersama-sama oleh tiga orang yaitu pasien berkode PPU-2, laki-laki berusia 16 tahun, PPU-3 laki-laki berusia 17 tahun dan PPU-4 laki-laki berusia 19 tahun.
Sebelumnya yang telah ditetapkan sebagai pasien positif adalah warga PPu berkode PPU-1 yang juga telah melakukan perjalanan ke Gowa, Sulsel. Namun keterikatan semua psien asal PPU ini pergi tidak bersamaan dan pulangnya juga berbeda hari.

“Jadi pasien positif Covid-19 asal PPU adalah hasil tracing kita terhadap pasien PPU-1. Setelah kita tes dengan rapid test, ternyata hasilnya positif dan langsung kita isolasi di rumah sakit. Ternyata setelah kita kirim sampel, hari ini terkonfirmasi positif semua,” jelas Andi.

Dari hasil perkembangan Covid-19 di Kaltim hari ini, Senin, 6 April 2020 adalah Orang Dalam Pemantauan tercatat sebanyak 4.631 orang. Selesai pemantauan sebanyak 2238 dan Dalam Proses Pemantauan sebanyak 2393 orang.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan tercatat sebanyak 228 kasus, hasil negatif sebanyak 137 kasus, hasil positif sebanyak 31 orang dan menunggu hasil laboratorium sebanyak 60 orang.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here