Pengerjaan Jembatan Mahakam Kota IV terus dikerjakan hingga rampung pada akhir tahun 2019.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Proyek pembangunan Jembatan Mahakam Kota IV saat ini terus dilaksanakan pengerjaannya. Hari ini, pihak kontraktor dari PT. Mitra Mandiri Jaya tengah mengerjakan sisa pengerjaan grider (sambungan beton) jembatan yang saat ini belum rampung.

“Akhir November pekerjaan grider dan railing atas (pembatas jembatan) harus terpasang semua. Setelah dilakukan pengaspalan baru bisa dilakukan uji beban dan beberapa uji lainnya,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim, Taufik Fauzi, Kamis (3/9).

Diakui Taufik, jika pengerjaan proyek ini sebenarnya juga tergantung dari ketersediaan material yang didapat dari luar Provinsi Kalimantan. Sehingga, Taufik meminta masyarakat untuk bersabar dan memahami beberapa kali keterlambatan pekerjaan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim, Taufik Fauzi.
“Sebelumnya memang target penyelesaian pada bulan Oktober akan diresmikan, cuma karena pengerjaan baru dimulai dan harus mengikuti proses lelang jadi baru bisa dikerjakan saat ini. Kemudian dengan serangkaian uji beban dan kelayakan, kemungkinan baru dapat dioperasikan pada awal tahun 2020,” ujarnya.

Proyek pengerjaan Jembatan Mahakam Kota IV ini kini tinggal mengerjakan pekerjaan lanjutan, usai lelang yang dimenangkan oleh pihak kontraktor PT. Mitra Mandiri Jaya. Nilainya sebesar Rp 28 miliar. Dana ini juga termasuk untuk pengadaan lampu hias jembatan yang juga didatangkan dari luar Kaltim.

“Tidak ada lagi dana yang kami ajukan. Jadi pendanaan untuk pembangunan jembatan ini sudah selesai. Kita hanya menunggu proyek rampung. Kita tidak ada mengajukan dana lagi. Perhitungan kita pembangunan jembatan ini bisa rampung dalam tahun ini,” harapnya.

Jembatan Mahakam Kota IV (Mahkota IV) ini merupakan jembatan yang menghubungkan Samarinda Kota dengan Kawasan Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya untuk memperlancar arus transportasi ketika memasuki dan saat ke luar dari kota Samarinda menuju arah Balikpapan. Posisinya tepat bersebelahan dengan Jembatan Mahakam I yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1987 silam.

Jembatan Mahkota IV ini nantinya menngunakan dua lajur dengan tiang lampu tematik dengan sistem digitalisasi sehingga terlihat lebih modern daripada tiga unit jembatan yang telah terbangun sebelumnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here