Gubernur Kaltim, Isran Noor

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Selaian terobosan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dan pembangunan bandara internasional di Kota Samarinda, satu proyek lainnya yang cukup ambisius adalah proyek pembangunan kereta api yang menghubungkan beberapa kabupaten di Kaltim.

Proyek pembangunan kereta api Kaltim ini telah bekerjasama dengan pihak Russian Railway, Rusia, sejak beberapa tahun silam. Namun, hingga tahun 2019 ini, gaung pembangunannya belum terdengar.

Oleh karena itu, Gubernur Kaltim, Isran Noor pun sudah berwacana akan membangun akses transportasi kereta api yang menghubungkan setiap daerah, sebelum rencana pemindahan ibu kota negara ke Kaltim dilaksanakan.

“Yah kalau harapan kita sebelum pemindahan ibu kota negara benar-benar pindah, Kaltim sudah ada (transportasi) kereta api. Saat ini sudah ada perusahaan lokal yang mengajukan penawaran kepada kami. Kalau tidak salah PT Kereta Api Indonesia (KAI). Cuma waktunya saja yang belum sempat kami untuk beraudiensi,” ujar l Isran, Jumat (4/10).

Pembangunan rel kereta api tentunya membutuhkan lahan yang tidak sedikit dalam pembebasan jalur relnya. Namun gubernur yang telah menjabat selama sepuluh bulan ini tidak terlalu khawatir akan ketersediaan lahan yang menurutnya masih melimpah.

Apalagi jika manfaat dari pembangunan jalur transportasi ini nantinya dirasakan oleh warga, tentunya warga akan mendukung.

“Kalau lahan kan tidak masalah. Beda sama di Jawa, kalau disana sudah banyak penduduknya. Kalau disini kan lahan tidak ada yang memiliki,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa proyek kereta api ini adalah murni inisiatif dari Gubernur Kaltim terdahulu, Awang Faroek Ishak yang menginginkan kereta api untuk dapat mengangkut komoditas hasil perkebunan seperti kelapa sawit dan karet agar tidak lagi melalui jalan umum.

Proyek ini berbeda dengan proyek rel karena api yang menghubungkan pulau Kalimantan dari barat hingga ke timur dan utara, yang digagas oleh Presiden Joko Widodo, namun telah dibatalkan beberapa waktu lalu.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here