Oleh: Rudi Hasan / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Mendukung pemindahan ibu kota baru ke KalimantanTimur, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikatakan telah meminta revisi Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 (UU DKI Jakarta) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Otonomi Daerah Kemandagri, Akmal Malik menuturkan, Anies sudah mengusulkan perubahan regulasi itu sejak tiga bulan lalu.

Akan tetapi, usulan tersebut dikembalikan lantaran ada rencana pemindahan ibu kota oleh pemerintah pusat. Akmal meminta Anies agar pasal-pasal terkait fungsi-fungsi ibu kota dihilangkan dalam revisi UU Nomor 29 itu. “Dan itu sudah diperbaiki oleh Pak Anies, dan sudah kembali ke kami lagi. Ini lagi kita bahas,” ujar Akmal di Jakarta, Selasa (27/8).

Dia mengatakan, Kemendagri tak akan membatasi gubernur DKI Jakarta untuk menentukan bentuk pemerintahan ke depan. Pasalnya, saat ini pemindahan ibu kota memang sudah pasti dilakukan pemerintah dan Jakarta diberi kebebasan untuk menentukan model pemerintahan ke depan.

Dalam usulannya, Anies meminta Jakarta jadi daerah otonomi khusus. Dengan begitu, Jakarta tetap menjadi provinsi yang membawahi kota dan kabupaten administratif seperti saat ini. Wali kota dan bupati yang memimpin daerah-daerah juga tetap ditunjuk langsung oleh gubernur.

Akmal menilai sah-sah saja Anies mengajukan usulan itu sepanjang tidak ada ketentuan yang dilanggar. “Kenapa tidak? Kalau memang dengan format seperti itu, rakyat DKI akan lebih sejahtera, kenapa tidak?” kata Akmal.

Sebelumnya, Anies menegaskan pembangunan Jakarta tetap berjalan meski ibu kota dipindahkan. “Kami mendorong menjadi simpul kegiatan perekonomian global. Jadi Jakarta tetap akan menjadi pusat kegiatan perekonomian tidak ada pergeseran di situ (Kaltim),” ucap Anies di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8).

Bahkan Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Jakarta tetap menjadi pusat ekonomi dan bisnis tersebsar di Indonesia. Sehingga Jakarta tidak akan bercampur anatar urusan bisnis dan pemerintahan.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here