Google pada hari ini, Rabu (3/9) merilis Android 10. Google juga menjelaskan bahwa Android Q atau Android 10 siap digunakan untuk smartphone layar lipat termasuk smartphone berteknologi 5G.

Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com , Jakarta – Google pada hari ini, Rabu (3/9) merilis Android 10. Google juga menjelaskan bahwa Android Q atau Android 10 siap digunakan untuk smartphone layar lipat termasuk smartphone berteknologi 5G.

Fitur-Fitur di Android 10

Ada sejumlah fitur baru yang diusung di Android 10. Apa saja?
1. Dark Theme
Salah satu yang menarik perhatian adalah tampilan antarmuka Android menjadi gelap. Fitur ini dapat diakses melalui satu ketukan dari quick settings di bagian atas dengan tap ikon Dark Theme. Daftar Handphone yang Mendukung Sistem Andorid 10

2. Navigasi Gesture
Fitur berikutnya, yakni pembaruan untuk tombol back dan multitasking. Saat diusap ke atas dan di-drag ke kiri atau ke kanan, pengguna bisa berpindah ke satu aplikasi ke lainnya dengan cepat. Sementara untuk tombol back kini terletak di tengah layar bagian kiri dan kanan dengan mengusapnya saat ingin mengaksesnya.

3. Project Mainline
Fitur ini memungkinkan pembaruan digulirkan melalui update di Play Store, salah satunya untuk security patch. Pengguna nantinya tak perlu lagi menunggu pembaruan melalui systems update dari vendor perangkatnya.

Android 10 juga memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa melindungi privasi para penggunanya. Salah satunya membatasi aplikasi tertentu yang dapat berbagi lokasi. Nantinya akan muncul notifikasi bila ada aplikasi yang mengakses lokasi pengguna di latar belakang.

4. Live Caption
Fitur ini memungkinkan video di perangkat Android 10 mendukung subtitle. Google menjelaskan, bahwa fitur ini dihadirkan untuk pengguna yang memiliki masalah pendengaran, serta bagi mereka yang ingin mengecilkan volume audio saat di tempat ramai.

Daftar ponsel yang mendukung sistem operasi Android 10
– Google Pixel 3
– Google Pixel 3 XL
– Google Pixel 3a
– Google Pixel 3a XL
– Google Pixel 2
– Google Pixel 2 XL
– Google Pixel
– Google Pixel XL
– Asus Zenfone 5Z
– Telepon Esensial
– Huawei Mate 20 Pro
– LG G8
– Nokia 8.1
– OnePlus 6T
– Oppo Reno
– Realme 3 Pro
– Sony Xperia XZ3
– Techno Spark 3 Pro
– Vivo X27
– Vivo Nex S
– Vivo Nex A
– Xiaomi Mi 9
– Xiaomi Mi Mix 3 5G

(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here