Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Teknologi Google Maps, kini menambahkan navigasi suara yang sangat membantu penyandang tunanetra untuk mencapai tujuan perjalanan dengan lebih mudah. Dikutip dari The Verge, Sabtu (12/10) . Google maps akan mengingatkan mereka untuk selalu berada di rute jalan yang benar.

Aplikasi ini memiliki fitur seperti memperingatkan ketika ada kegiatan di depan pengguna dengan memberi tahu seberapa jauh giliran mereka untuk menyeberang dengan menggunakan navigasi suara.

Google mengatakan panduan yang ditingkatkan tersebut kini sudah tersedia di sistem operasi iOS dan Android, tapi saat ini hanya dalam bahasa Inggris di AS dan Jepang di Jepang. Untuk menggunakannya, pengguna dapat mengaktifkan fitur tersebut di menu pengaturan Google Maps.

Google mengatakan, dukungan untuk lebih banyak bahasa dan negara, kini edang dalam pengembangan.”

Melansir Forbes, Sabtu (12/10) Inisiatif ini dipelopori oleh Wakana Sugiyama, seorang analis bisnis yang berbasis di Tokyo. Wakana merupakan seorang penyandang tunanetra dan menggunakan tongkat untuk beraktivitas.

Ia tidak memiliki kesulitan ketika menjalankan kegiatan seperti berjalan dari rumahnya ke kantor. Tetapi, lain halnya jika ia harus bertualang di tempat yang baru dan asing.

“Beberapa kekhawatiran saya yang paling mendesak termasuk mengetahui apakah saya jalan yang benar atau apakah jalan aman untuk dilintasi. Aku juga sering bertanya-tanya apakah aku ketinggalan tikungan, apakah aku berada di sisi jalan yang benar pada waktu yang tepat, dan tentu saja, apakah aku telah mencapai tujuanku, atau apakah aku sudah melewatinya,” ujarnya.

Sugiyama adalah salah satu dari 36 juta orang penyandang tunanetra di seluruh dunia. Kondisi yang merusak organ penglihatan ini, diantaranya penyakit glaukoma, degenerasi retina dan retinopati diabetik. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here