Pengukuhan Pengurus Bunda ASI Kaltim yang berperan unutk membangun kesaaran para ibu untuk dapat menyusui anak-anak mereka.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Memperingati Pekan Menyusui Se-Dunia, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengukuhkan pengurus kegiatan Bunda Air Susu Ibu (ASI) yang terdiri dari Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kaltim dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota di Pendopo Odah Etam, Selasa (17/9).

Hadi Mulyadi memberikan ucapan selamat kepada TP PKK Provinsi Kaltim yang sudah berhasil membentuk Bunda ASI. Wagub berpesan yang terpenting dalam program ini adalah menumbuhkan masyarakat Kaltim untuk memperhatikan gizi dan kesehatan mulai dari hamil dan menyusui.

“ASI menjadi sumber penting asupan gizi bagi bayi. Pastikan pada masa emas anak-anak mendapatkan asupan gizi cukup dan memadai. Tak boleh ada anak kurang gizi di Kaltim,” tegasnya.

Ketua Bunda ASI Kaltim Norbaiti Isran Noor mengatakan Bunda ASI merupakan sebuah upaya untuk menjangkau daerah-daerah demi meningkatkan angka ibu menyusui di Kaltim. Harapannya, angka menyusui bayi mereka dapat meningkat.

Setelah pengukuhan ini, maka para Bunda ASI akan terus memantau perkembangan ibu menyusui yang ada di tiap daerah. Ini juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk menciptakan dukungan menyusui bagi para ibu untuk bayi mereka.

“Ini juga akan berkontribusi pada pencegahan stunting. Sebagaimana kita ketahui kandungan gizi di ASI sangat lengkap, sehingga dapat meningkatkan kualitas anak sebagai sumber daya manusia di masa mendatang,’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan , Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Soeharsono mengatakan jika kasus stunting atau kekerdilan tubuh di Kaltim masih cukup tinggi yaitu mencapai 20-27 persen.

“Selain bekerja sama dengan semua pihak, upaya dalam pekan ASI dunia ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran para ibu bahwa air susu mengandung banyak gizi bagi tubuh dan perkembangan otak anak,” ucapnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here