Embarkasi Haji Kota Balikpapan, tahun ini akan melayani dan memberangkatkan empat provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara dengan jumlah jamaah sebanyak 6.737 orang.

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Musim Haji tahun 2019 sudah semakin dekat, tercatat untuk Embarkasi Haji Kota Balikpapan, tahun ini akan melayani dan memberangkatkan empat provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara dengan jumlah jamaah sebanyak 6.737 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan Hakimin menjelaskan, khusus untuk Kaltim jamaah yang akan diberangkatkan sebanyak 2.847 orang, sedangkan untuk Kaltara sebanyak 776 jamaah. Sedangkan Sulteng akan memberangkatkan 2.232 jamaah, dan Sulut sebanyak 882 orang jamaah.

“Embarkasi Haji Balikpapan ini seperti biasa, akan memberangkatkan empat provinsi lainnya termasuk Kaltim,” ujarnya, Sabtu (6/7) sore.

Lanjut Hakimin, selain membawa jamaah haji panitia haji juga membawa petugas kloter di Embarkasi Haji Balikpapan sebanyak 75 orang petugas.

“Tiap kloter itu ada petugas yang mendampingi, dan jumlahnya itu 75 orang,” tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan Hakimin
Hakimin menambahkan, berdasarkan jadwal keberangkatan, kloter satu Balikpapan akan diberangkatkan pada tanggal 19 Juli 2019 dan dilepas langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Masjid Balikpapan Islamic Center. Sedangkan kloter terakhir yakni kloter 15, akan diberangkatkan pada 5 Agustus 2019 mendatang.

“Kita itu ada 15 kloter yang berangkat lewat Balikpapan. Yang pertama itu 19 Juli ini, dilepas Wali Kota. Yang terakhir itu 5 Agustus,” jelasnya.
Namun sebelum berangkat, para rombongan jamaah haji ini akan berada di asrama selama sehari untuk mempersiapkan segala keperluan termasuk beristirahat.

“Masuk asrama dulu, itu tanggal 18 Juli. Kita cek ulang apa-apa saja yang perlu disiapkan lagi,” terang Hakimin.

Hakimin menambahkan, jadwal pemberangkatan jamaah haji Kota Balikpapan berbeda-beda tiap kloternya. Pada kloter satu akan diberangkatkan pada 19 Juli, sedangkan kloter 4 diberangkatkan pada 22 Juli. Kemudian, kloter 11 akan diberangkatkan pada 30 Juli, lalu kloter 13 diberangkatkan pada 2 Agustus. Dan keberangkatan terakhir, kloter 15 akan diberangkatkan pada 5 Agustus.

“Tiap kloter beda-beda jadwal berangkatnya,” jelasnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here