Oleh: Achmad Syukron Fadillah

Indonesiainside.id, Madrid – Real Madrid sukses mengalahkan Barcelona yang tengah superior pada jornada ke-26 La Liga di Santiago Bernabeu, Senin (2/3) dini hari WIB. Dalam laga bertajuk El Clasico, Los Merengues menang 2-0 atas Blaugrana.

Selain menambah catatan statistik El Real di ajang El Clasico atas Barcelona, kemenangan tersebut juga mengantarkan skuat asuhan Zinedine Zidane kembali ke puncak klasemen. Tambahan tiga poin membuat Madrid memperoleh poin 56 atau unggul satu angka dari Barcelona.

Madrid langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit kick off dibunyikan. Peluang mereka dapatkan di menit ke-7 dan 15 lewat tendangan Karim Benzema serta Toni Kroos. Sayang, usaha keduanya belum maksimal.

Los Blaugrana balik mengancam pada pertengahan babak pertama tepatnya menit 21. Menerima umpan tarik Jordi Alba, bola kemudian disepak Antoine Griezmann. Tapi si kulit bundar belum menemui sasaran.

Menit 37, Los Blancos kembali punya kans melalui tendangan Vinicius Junior. Namun peluang tersebut dapat digagalkan kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen.

Dua menit berselang, Lionel Messi mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Peraih Ballon d’Or enam kali itu melepaskan tendangan kaki kiri usai menerima umpan dari Sergio Busquets. Namun kiper Madrid, Thibaut Courtois bisa mengantisipasinya. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Setelah sekian kali percobaan, Madrid akhirnya memecah kebuntuan pada menit 71. Vinicius mencatatkan namanya di papan skor setelah sepakannya dari sudut sempit mengenai kaki Gerard Pique. Bola menjadi sedikit berbelok arah dan bersarang ke gawang Barcelona.
Demi menyamakan kedudukan, Barca memainkan Ansu Fati di menit 81. Pemain berusia 17 tahun itu menggantikan Griezmann yang kurang bersinar di pertandingan ini.

Tapi strategi tersebut tak membuahkan hasil hingga akhir pertandingan. Yang ada, justru Madrid bisa mencetak gol kedua lewat Mariano Diaz di masa injury time. Skor 2-0 untuk tuan rumah bertahan hingga laga bubar.

Kemenangan tersebut menjadi modal bagus Madrid jelang menghadapi Real Betis dan Eibar pada pertandingan La Liga berikutnya. Pada puncaknya, hasil positif di dua laga tersebut bakal dijadikan syarat menghadapi Manchester City pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions di Etihad Stadium, 18 Maret mendatang. (ASF/ https://indonesiainside.id/olahraga/2020/03/02/182728

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here