Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Setelah membanjiri kanal Youtube dengan berbagai aksi vulgarnya, akhirnya penyanyi dangsut Duo Semangka memenuhi panggilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Ditemani sang manajer Soni Bule, duo yang digawangi oleh Clara Gopa dan Variola May itu menyambangi kantor KPAI.

Pemanggilan ini, merupakan salah satu upaya dan komitmen KPAI, dalam menyelaraskan komitmen negara untuk menyajikan konten-konten yang positif bagi masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, pihak KPAI meminta agar duo semangka membenahi konten-konten karya seni mereka. Karena video yang kini beredar di kalangan masyarakat, dinilai sangat meresahkan dan tidak sesuai dengan norma kesusilaan.

Dalam jumpa press, Ketua KPAI Dr Susanto MA, didampingi Komisioner Bidang Pornografi, dan Cybercrime Margareth Aliyatul Maimunah, SS., MM.,Si. menyimpulkan poin-point yang telah disepakati oleh Duo Semangka. Berikut, point hasil pertemuan KPAI dan Duo Semangka.

1. Duo Semangka membenarkan orang dalam konten tersebut adalah personel Duo Semangka tetapi tidak mengetahui siapa yang mengunggah di Youtube.

2. KPAI meminta Duo Semangka sebagai bagian dari pekerja seni yang memiliki pengaruh dan memiliki penggemar yang cukup banyak di masyarakat agar segala aktifitas seni yang ditampilkan memperhatikan azas-azas kepatutan dan kesusilaan.

3. KPAI meminta Duo Semangka agar bisa bersama-sama melakukan upaya-upaya perlindungan anak di dunia offline ataupun online.

4. Duo Semangka menyetujui dan berkomitmen untuk melakukan inovasi dan kreatifitas seni yang positif, bagi tumbuh kembang anak.

5. KPAI akan terus melakukan pengawasan, untuk melakukan melakukan pengawasan untuk, memastikan komitmen baik Duo semangka dalam menampilkan konten konten positif.

KPAI menyoroti video Duo Semangka yang dinilai vulgar.

Duo Semangka juga diminta untuk lebih memperhatikan gaya berbusana saat menghibur penggemar, serta memperhatikan kepatutan konten yang dibuat. Hal tersebut, agar tidak menyalahi norma yang berlaku di masyarakat.

“KPAI menghimbau pada Duo Semangka sebagai pekerja seni, agar segala aktifitas seni yang ditampilkan memperhatikan asas-asas kepatutan dan kesusilaan yang berlaku di masyarakat,” Papar Margareth.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here