Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Setdaprov Kaltim, Moh Jauhar Effendi menanggapi hal ini mengatakan, dengan mengucurnya dana untuk kelurahan ini seharusnya pihak kelurahan tidak perlu takut dalam menggunakan dana untuk pembangunan.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Setelah pemerintahan desa mendapatkan Dana Desa, kini pemerintah juga akan mengucurkan Dana Kelurahan yang disalurkan dengan besaran Rp350 juta untuk setiap kelurahan. Di Kaltim terdapat 197 kelurahan yang menerima dana percepatan pembangunan ini. Uniknya, setelah dana ini siap mengucur, banyak kelurahan yang bingung dalam penggunaannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Setdaprov Kaltim, Moh Jauhar Effendi menanggapi hal ini dengan mengatakan, mengucurnya dana untuk kelurahan ini seharusnya pihak kelurahan tidak perlu takut dalam penggunaan dana tersebut.

“Yah tidak perlu khawatir, karena kurang lebih aturannya sama dengan Dana Desa. Bahkan, (penggunaannya) lebih sempit dengan dua kategori untuk sosial dan sarana prasarana. Sehingga bisa direalisasikan langsung,” ujarnya, Kamis (7/11).

Jauhar menjelaskan bahwa ke depannya akan ada dana pendampingan untuk dana awal pengerjaan proyek yang akan dikerjakan oleh pihak kelurahan . Dalam kegiatan ini tidak harus menggunakan dana talangan karena anggaran yang ada bisa langsung direalisasikan tanpa harus ada dana awal yang dikeluarkan oleh pihak kelurahan.

“Yah tidak perlu takutlah. Namanya kerjaan begini ada resiko. Harusnya bisa dikerjakan langsung,” ujarrnya.

Jauhar efendi yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim ini mengatakan mengucurnya Dana Kelurahan ini merupakan permohonan langsung dari seluruh kelurahan di Indonesia kepada Presiden, untuk mendapatkan dana yang mirip dengan Dana Desa.

“Jadi jangan takut menggunakan dana ini, karena merupakan permintaan kelurahan. Dahulu iri sama Dana Desa, setelah diberi takut menggunakan. Seharusnya dana bisa direalisasikan dengan baik dan tanpa ada hambatan dan rasa ketakutan,” ujar Jauhar tersenyum.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here