Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – DPRD Provinsi Kaltim akan berkonsultasi ke Menteri Dalam Negeri terkait posisi Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim yang telah definitif namun belum ditugaskan atau difungsikan oleh Gubernur Kaltim. Padahal pembahasan Perubahan APBD Kaltim mendekati tenggat waktu.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun usai Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kaltim, pada Selasa sore (13/8) mengatakan, secara normatif setelah Perubahan APBD disahkan terlebih dahulu baru dikonsultasikan ke Mendagri. Tetapi karena Kaltim sedang dalam kondisi ‘istimewa’, maka DPRD akan berkonsultasi terlebih dahulu sebelum pembahasan Perubahan APBD.

“Ini ini karena ada keistimewaan, maka keistimewaan itu harus kita konsultasikan juga,” ujarnya.

Dijelaskan Samsun, ada dua versi tafsir terkait dengan fungsi dan kedudukan jabatan Sekretaris Daerah yang berperan dalam penentuan anggaran. Yang pertama, jelasnya, dalam kondisi normatif bisa ketika Sekprov difungsikan dan berhalangan maka semua keputusan dapat disahkan. Namun versi kedua adalah, semua ketetapan tanpa tanda tangan dari sekda maka semuanya menjadi tidak sah.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Sansun
Samsun tidak ingin berandai-andai jika Mendagri menolak atau membatalkan pengesahan Perubahan APBD Kaltim. Menurutnya, DPRD Kaltim dan Pemprov Kaltim ingin melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin, semua mentaati aturan semua taat dengan azas.

“Tetapi jika tidak ada jalan lain (ditolak Mendagri), maka mau tidak mau (semua pembahasan akan ditolak). Jadi kita ikuti saja perkembangannya. Kita berkonsultasi ke Mendagri apa hasilnya, itu kita laksanakan,” ujarnya.

Menurut Samsun, konsultasi dengan Mendagri ini tidak harus hadir ke Jakarta, namun bisa saja dengan cara berkonsultasi via telepon dan internet. Namun dirinya menyatakan, jika memang harus kehadiran fisik, maka pihak DPRD Kaltim akan siap kapan saja.

“Pembahasan hari ini esensinya APBDnya, esensinya, sambil kita berkonsultasi dengan Kemendagri. Kalau tahapan normal tinggal sekali lagi (paripurna) langsung pengesahan,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here