Pengesahan dimulai dengan pembacaan laporan hasil rapat pleno oleh Wakil ketua Komisi III, Erna Suryani Ranik.

Oleh: Muhajir / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Baiq Nuril akhirnya akan menghirup udara bebas setelah Komisi III DPR menyepakati hasil rapat pleno soal pemberian amnesti. Pengesahan dimulai dengan pembacaan laporan hasil rapat pleno oleh Wakil ketua Komisi III, Erna Suryani Ranik.

Erma menjelaskan, persetujuan pemberian amnesti itu setelah rapat pleno dan menghadirkan langsung Baiq Nuril untuk didengarkan keterangannya. Pada 24 Juli, Komisi III telah raker dengan Menkumham untuk mendengarkan keterangan pemerintah terkait amnesti Baiq Nuril.

Setelah itu, keputusan diambil. Erma mengatakan, bahwa dalam pengambilan keputusan, Komisi III mengedepankan prinsip musyawarah mufakat.

Secara aklamasi menyatakan menyetujui untuk memberikan pertimbangan kepada Presiden Jokowi untuk memberikan amnesti kepada Baiq Nuril. Bulat seluruh fraksi menyetujui. Erma mengatakan keputusan tersebut telah melalui berbagai pertimbangan.

Salah satunya, Baiq Nuril merupakan korban kekerasan perempuan. Apa yang dilakukan Baiq Nuril adalah upaya melindungi diri.

“Pemberian amnesti adalah hak presiden sebagai kepala negara. Semoga ini akan menjadi tonggak bersejarah untuk perlindungan perempuan,” kata Erma dalam Rapat Paripurna du Gedung DPR, Jakarta, Kamis (25/7).

Setelah mendengarkam penjelasan itu, Pimpinan rapat, Wakil Ketua DPR Utut Adianto, meminta persetujuan ke selurug anggota Dewan yang hadir. “Apakah laporan komisi III tentang pertimbangan atas pemberian amnesti kepada saudara Baiq Nuril Maknun disetujui?” tanya Utut. “Setuju,” jawab para anggota Dewan serempak.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here