Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan memastikan bahwa Puskesmas akan tetap buka selama 24 jam walaupun di saat Lebaran Idul Fitri 2019.(foto:ist)

Oleh:Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan -– Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan memastikan bahwa Puskesmas akan tetap buka selama 24 jam walaupun di saat Lebaran Idul Fitri 2019. Bahkan, DKK akan menambah pelayanan Puskesmas, sehingga masyarakat tidak perlu panik jika ingin mendapatkan penanganan medis saat libur lebaran 2019.

Hal ini dikatakan oleh Plt Kepala DKK Balikpapan Suheriyono yang menjelaskan akan ada tujuh Puskesmas yang buka 24 jam di Balikpapan. Tujuh Puskesmas tersebut yakni Klandasan Ilir, Sepinggan Baru, Kariangau, Karang Joang, Baru Ulu, Manggar Baru dan Mekar Sari.

“Yang siap siaga 24 jam ada tujuh Puskesmas, ketujuhnya ini juga bisa melayani rawat inap warga yang membutuhkan,” ujarnya, Rabu (29/5).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Suheriyono
Lanjut Heri, pihaknya juga akan menambah lima Puskesmas lainnya. Namun Puskesmas tambahan ini tidak melayani rawat inap. Waktu pelayanannya pun terbatas, yakni, pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019. Kemudian akan beroperasi terbatas mulai pukul 08.00 sampai 13.00 Wita. Ke lima Puskesmas tambahan ini yakni, Puskesmas Lamaru, Prapatan, Margo Mulyo, Karang Rejo dan Batu Ampar.

“Pada tanggal 8 Juni pelayanan dilakukan di Puskesmas 24 jam, Puskesmas lainnya gak buka layanan,” tambahnya.

Meski beroperasi pada hari raya, persiapan penangan medis di Puskesmas tidak akan ada perubahan dengan penangan medis pada hari biasanya. Semua akan berjalan secara normal. Bahkan dengan tenaga medisnya, juga masih sama.
“Nanti ada perawat, dokter gigi, dokter umum, bidan dan administrasi. Pokoknya ada sekitar delapan orang yang siaga di Puskesmas nanti,” jelasnya.

Dia mengatakan, pelayanan ini diberikan kepada warga sehingga pertolongan medis saat libur lebaran dapat tertangani dengan maksimal. Sebab, diakuinya, penyakit datang tak mengenal waktu. Dimanapun dan kapanpun, penyakit bisa datang tiba-tiba.

“Penyakit yang kami antsipasi saat lebaran masih sama seperti sebelumnya, yaitu ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Jadi kami tetap siagakan pertolongan medisnya,” ujarnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here