Para juara dalam lomba cipta aplikasi untuk kemajuan pusat belanja Citra Niaga Samarinda.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Dengan menciptakan aplikasi “ParMon” yang merupakan kependekan dari Parkir Modern, menghantarkan Tim NNP menjadi juara pertama lomba cipta aplikasi “Smart Citra Niaga”.

Lomba yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda bertempat di Ruang Commad Center, pada Senin (5/8) juga mengantarkan tim Nyuci Yuk dengan aplikasi myNiaga sebagai juara ke dua dan pemenang ketiga adalah Tim Menang Ga ya, lewat aplikasi yang dibangun CigaRich.

Ketua Panitia penyelenggara Hackathon 2.0 Suparmin, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti kompetisi bagi para programer tersebut.

Kepala Bidang Aplikasi Diskominfo Samarinda ini berharap kedepan kompetisi yang akan kembali berlangsung tadi bisa mendapat format yang lebih baik setiap tahunnya.

“Mungkin kedepannya bisa bersinergi dengan para dunia industri lainnya dan berkolaborasi dengan Kominfo untuk menyelenggarakan kompetisi-kompetisi lainnya,” tutur Parmin.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Samarinda Aji Syarif Hidayatullah, ketika menutup kompetisi ini mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil juara dalam ajang Hackathon yang kedua kalinya digelar oleh Diskominfo Samarinda ini.
Syarif Hidayat menjelaskan lewat ajang kompetisi tadi, setidaknya hasilnya bisa menjadi solusi dalam mengatasi permasalah kota lewat kecanggihan teknologi.

“Karena jujur masih ada permasalahan kota yang belum terselesaikan dengan baik. Oleh itu, dengan teknologi yang telah diciptakan teman-teman programer tadi setidaknya bisa menjadi solusi dalam membantu Pemerintah dan Kominfo sendiri adalah sebagai generator penggeraknya,” ujarnya.

Kawasan Citra Niaga yang kini tengah serius dalam tahap pengembangan ke arah yang lebih baik dan modern, memerlukan karya para pemenang, untuk pengembangan pusat perbelanjaan Citra Niaga agar tidak mati ditelan jaman.

Ikon Citra Niaga diharapkan dapat kembali bangkit seperti di era tahun 1990-an dimana mampu menjadi pusat perbelanjaan warga Samarinda.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here