Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur melakukan peluncuran aplikasi Aspirasi Etam, dengan tugas pokok pengembangan aplikasi dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Acara peluncuran program ini berlangsung di Ballroom Hotel Midtown Samarinda, Senin (9/9), yang dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Media Massa dan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang mewajibkan kepada seluruh badan publik untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi kepada publik,” ujar Sekretaris Diskominfo Kaltim, Eka Wahyuni saat membacakan laporan panitia.

Dikatakan Eka, era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat. Hal ini menjadi nilai positif dan dapat dimanfaatkan Pemerintah dalam hal meningkatkan layanan kepada masyarakat, untuk menampung dan menyalurkan aspirasi dan aduannya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Eka juga menambahkan Dengan diterapkannya aplikasi Aspirasi Etam ini, diharapkan aspirasi ataupun aduan masyarakat dapat terlayani dan meningkatkan kinerja ASN agar pelayanan menjadi lebih efektif dan efisien.

Tuntutan masyarakat atas tata kelola pemerintahan yang baik menjadikan pemberian pelayanan sebagai salah satu sektor yang perlu mendapat prioritas, khususnya terkait manajemen pelayanan aspirasi dan aduan masyarakat yang ada di sektor publik. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan prioritas utama dibidang pelayanan atas aspirasi dan pengaduan yang berasal dari masyarakat.

Layanan aspirasi masyarakat merupakan elemen penting bagi instansi daerah, karena layanan ini bertujuan memperbaiki kinerja dan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah.

Acara ini dihadiri berbagai organisasi media massa, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim, Komisi Informasi dan komunitas Jurnalis Anti Hoaks. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here